Merengkuh Kematian Demi Kehidupan

March 30, 2018

Sudah lama saya tidak menulis blog yang berkaitan dengan spiritual. Sempat sih menceritakan pengalaman meditasi, tetapi tulisan tersebut untuk dimuat di Plum Village temanya tentang Mendamaikan Hati dengan Mindfullness.

Bertepatan dengan Hari Jumat Agung, saya pun memutuskan untuk ibadah di Gereja tempat saya dibaptis dahulu (GKJ Gandaria). Gereja ini terasa nyaman, apalagi biasanya isi kotbah mendamaikan hati. Termasuk tema hari ini, yaitu Merengkuh Kematian Demi Kehidupan. Seperti yang telah diketahui, Jumat Agung merupakan peristiwa Yesus disalibkan hingga mati yang menunjukkan pengorbananNya demi menebus dosa manusia. Sehingga kematian Yesus merupakan pengorbanan bagi semua umat, bagi kehidupan umat.

Hal yang menarik perhatian saya dari kotbah hari ini adalah perumpamaan menggunakan seni Kintsugi atau Kintsukuroi. Seni tersebut berasal dari Jepang yang memperbaiki tembikar atau kerajinan pecah belah yang rusak dengan campuran bubuk emas, perak atau pun platinum.

kintsukuroi

Mangkuk yang sudah pecah atau rusak, direkatkan kembali dengan seni ini tanpa menyamarkan bekas retakannya. Justru menonjolkan bekas retakan dengan perekat yang dicampur dengan emas. Hasilnya justru tampak indah dan meninggalkan jejak sejarah dari retakan tersebut. Tentu saja harganya pun lebih mahal karena biaya perekatnya pun juga lebih tinggi dibandingkan keramik atau porselen itu sendiri.

Read the rest of this entry »

Advertisements

Asus VivoBook S S510 Tetap Ringkas dengan Layar Lapang dan Kinerja Mumpuni

October 10, 2017

Asus VivoBook S S510 adalah notebook tipis dan ringan dengan harga yang terjangkau tetapi tetap mempertahankan kinerja yang mumpuni. Notebook ini dibekali prosesor Intel® Core™ i5 7200U ini adalah prosesor generasi ke-7 terbaru dari Intel, yaitu KabyLake. Konsumsi daya keseluruhan prosesor ini berada di kisaran 7,5 watt sampai 25 watt, ini sangat rendah dibandingkan notebook umumnya. Sehingga notebook ini begitu hemat energi.

Read the rest of this entry »


Superhero Saja Salah Pilih Pacar

June 10, 2017

superhero dc

Sebenarnya hari ini masih ada kerjaan numpuk berupa orderan konten softselling suatu e-commerce. Tapi karena mood belum muncul, mari senam jari di blog dulu. Perlu diketahui juga bahwa tulisan ini akan banyak spoiler, jadi kalau belum kelar nonton seluruh season terkini serial superhero DC dan nggak suka spoiler, mungkin sebaiknya jangan dilanjut baca dulu.

Read the rest of this entry »


Dari Mana Asal Kata “Damai”?

May 10, 2017

Seorang teman menulis sejarah yang dibelokkan dengan menyebutkan salah satu agama telah beratus-ratus tahun menyebar di Indonesia dengan “damai”. Masalahnya dia salah ambil referensi mengenai agama sebelumnya yang disingkirkan. Karena kok justru agama yang umurnya lebih muda dari agama yang dia klaim “damai” tersebut yang disingkirkan. Dia bahkan tak mengakui kejayaan dua agama besar yang umurnya jauh lebih tua mampu hidup berdampingan di nusantara ini dengan aman dan tenteram. Yup! Gue nggak berani bilang “damai” karena bisa kaget jika memahami arti kata “damai” kira-kira menurut tafsir dia. Tafsir atau pemahaman kata “damai” itu berbeda antar golongan…

Read the rest of this entry »


Tips Membuat Konten Kreatif dengan Laptop Canggih, ASUS Pro P2430

January 30, 2017

p2430_black_-14Bidang kerja saya tak hanya menulis di blog. Terkadang saya mendapat pesanan menulis untuk membuat konten press release dari suatu produk atau layanan. Produk tersebut bisa beragam, bisa dalam bentuk game atau pun produk gadget. Nah, untuk dapat merumuskan hal tersebut menjadi konten yang enak dibaca dan tersampaikan pesannya, maka dibutuhkan langkah-langkah jitu untuk membuat konten kreatif dan tentu saja perangkat yang mumpuni untuk menyusunnya.

Read the rest of this entry »


Ini logika yang benar-benar kacau

October 8, 2016

Biasalah menjelang pemilihan gubernur DKI suasana jadi panas. Topik panas yang pada akhirnya membuat salah satu calon gubernur dihujat adalah ucapannya yang dianggap menghina kitab suci umat mayoritas di Indonesia.

Well, setiap serangan pasti ada juga yang melakukan pembelaan. Tapi kadang memang menggunakan istilah yang dianggap menyinggung orang yang memang pada dasarnya sering tersinggung. Ya gimana nggak tersinggung, terhadap nama akun gue saja mereka tersinggung. Nama akun quratengil yang gue sandang sejak 2003 dulu dianggap sebagai penistaan kitab suci umat mayoritas. Di situ gue sudah mulai jleb.

vivitolol

Read the rest of this entry »


Chatting Seru sambil Update Status Pakai Catfiz

September 24, 2016

catfiz adalah layanan berupa instant messenger (IM) yang terintegrasi langsung dengan jejaring sosial. Sebagai instant messenger, catfiz memiliki berbagai kelebihan. Di antaranya adalah kemampuan untuk mencegah adanya spam. Mencegah lho ya bukan menghindar! Menghindar itu kan biasanya ada suatu tindakan lalu kita menghindar. Nah, dengan mencegah, orang lain itu bahkan tak bisa mengambil tindakan dari awal. Waduh kok bisa begitu?

logo-catfiz-plengdut

Itulah kerennya catfiz. Walaupun pendaftaran dilakukan menggunakan nomor telepon, bukan berarti orang yang nomornya sudah ada di phonebook kita dan sudah pakai catfiz langsung bisa dikirimi pesan. Tetap saja harus mengajukan permohonan dulu. Ibaratnya kalau bertamu ketok pintu dulu sampai dibukakan pintu, tidak langsung bisa nyelonong ke dapur. Read the rest of this entry »