Tips Membuat Konten Kreatif dengan Laptop Canggih, ASUS Pro P2430

p2430_black_-14Bidang kerja saya tak hanya menulis di blog. Terkadang saya mendapat pesanan menulis untuk membuat konten press release dari suatu produk atau layanan. Produk tersebut bisa beragam, bisa dalam bentuk game atau pun produk gadget. Nah, untuk dapat merumuskan hal tersebut menjadi konten yang enak dibaca dan tersampaikan pesannya, maka dibutuhkan langkah-langkah jitu untuk membuat konten kreatif dan tentu saja perangkat yang mumpuni untuk menyusunnya.

Menggunakan Perangkat yang Mumpuni

Dalam menyusun blog tentu akan lebih mudah jika menggunakan laptop dengan fitur-fitur canggih dong. Karena tak semua laptop cukup kuat digunakan untuk membuka banyak aplikasi secara sekaligus. Maka harus menggunakan perangkat dengan prosesor yang sudah teruji. ASUS banyak memiliki varian perangkat yang mumpuni untuk melakukan kerja ini. Salah satu laptop yang pas dipakai adalah ASUSPRO P2430. Perangkat ini dibekali dengan prosesor generasi ke-enam, dengan pilihan Intel Core i3/Intel Core i5/Intel Core i7 Processor. Kelebihan dari teknologi Intel Core i3/Intel Core i5/Intel Core i7 Processor adalah efisiensi energi yang lebih baik ketimbang versi sebelumnya. Selain itu jajaran prosesor ini pun memiliki kinerja yang sangat baik.

p2430_black_-7

logo_asus_isoi_intel-300x99

Mengetik pun terasa nyaman berkat desain tombol pada keyboard yang seperti pulau-pulau atau chiclet, sensasinya sangat berbeda dengan keyboard yang susunannya rapat. Saat menyunting gambar atau pun video, laptop ini pun mampu menampilkan tampilan yang jelas dan video tak tersendat. Demikian juga saat bermain game yang akan diuji. Hal ini berkat prosesor grafis atau GPU yang digunakan, yaitu Nvidia GeForce seri 900. Prosesor grafis ini dibuat berbasis arsitektur Maxwell yang punya performa grafis yang memukau.

Bila pekerjaan menumpuk, maka tak perlu khawatir mata lelah menatap layar ASUSPRO P2430 ini, karena laptop ini telah mengadopsi fitur anti glare, yang membuat layar tak memantulkan bayangan dan tetap nyaman dilihat. Jadi mau untuk bekerja, atau pun menonton film, mata tetap nyaman. Bisa juga lho pindah-pindah antara menggarap kerjaan sambil menonton film atau pun video streaming. Semua tetap lancar, karena kehandalan laptop ini untuk multitasking dan kemampuan grafisnya yang mumpuni.

Serunya lagi, kalau Anda termasuk orang yang mobile harus sering bepergian, kini tak perlu takut lelah membawa-bawa laptop. Karena ASUSPRO P2430 beratnya tak sampai 2kg. Yup! Hanya 1,95 kg saja!

Setelah sudah menyiapkan perangkat yang terbaik, tentunya kita sudah siap untuk menjalani langkah-langkah konten kreatif. Yuk kita lakukan satu demi satu!

Membuat Konten Menarik

Langkah-langkah saya dalam menyusun konten kreatif, baik untuk blog, media maupun press release kurang lebih sama. Perbedaannya hanyalah melihat batasan panjangnya tulisan dan kira-kira siapa pemirsanya. Untuk di blog cenderung lebih bebas, namun tetap harus menjaga agar tak membosankan. Nah agar tak membosankan tentu perlu dibantu oleh gambar-gambar yang menarik. Ini pun berlaku untuk konten di media.

Gambar-gambar menarik ini tentunya tak asal comot sembarangan. Tetapi mesti dari dibuat sendiri. Bila saya sedang mereview game, tentu saya akan melakukan capture tampilan dari game itu. Sedangkan bila sedang mereview laptop, tentunya harus ada tampilan baik dalam bentuk gambar atau pun video mengenai kemampuan dari laptop tersebut.

gimp

menyunting gambar dengan GIMP

Setelah itu, dilakukan penyajikan fitur-fitur andalan dengan kata-kata yang menarik, dan tentu saja diiringi dengan keterangan gambar yang sesuai. Nah, biasanya pengolahan gambar dilakukan dengan perangkat lunak untuk menyunting gambar yang mumpuni. Dalam hal ini saya biasa menggunakan GIMP, yang merupakan open source. Tetapi jika gambarnya cukup simple, saya akan pakai Pencil Sheep.

pencil-sheep

menyunting menggunakan PencilSheep

Merumuskan Data Statistik dalam Bentuk Gambar

Nah, bila semua kehandalan fitur yang ingin sudah disampaikan sudah terwakili dengan gambar menarik. Tentu waktunya membuat gambar-gambar tambahan lainnya, dari hasil riset sendiri. Misalnya bila sedang melakukan benchmarking laptop, tentu ada beberapa skor yang menunjukkan kinerja dari perangkat tersebut berdasarkan parameter yang diuji. Agar tak monoton, bisa menambahkan grafik sendiri yang merangkum keseluruhan hasil. Pembuatan grafik ini dapat dengan mudah menggunakan Microsoft Excel.

kerja-dengan-excel

membuat grafik dengan Microsoft Excel

Membuat Kesimpulan dan Saran

Setelah diulas satu persatu mengenai fitur-fitur canggih dari pesan yang disampaikan, tentu semuanya mesti dirangkum agar dapat memudahkan pembaca memahami inti dari ulasan tersebut.

Nah, dalam hal ini, kesimpulannya adalah untuk membuat suatu konten blog atau pun melakukan pekerjaan-pekerjaan lain yang menggunakan aplikasi yang cukup berat, gunakan laptop yang canggih seperti ASUSPRO P2430U. Niscaya segala pekerjaan menjadi lancar, dan tentu saja bila suntuh bisa merangkap sebagai sarana hiburan, baik untuk menonton film atau pun bermain game.

Dan untuk membuat konten kreatif, tentu harus disesuaikan pemirsanya, dan menyampaikan pesan dengan jelas dan memberikan tambahan ilustrasi yang menarik dan sesuai dengan data atau pesan yang ingin disampaikan.

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog Asus yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Asus Indonesia.

Advertisements

25 Responses to Tips Membuat Konten Kreatif dengan Laptop Canggih, ASUS Pro P2430

  1. indrijuwono says:

    wih, pas lagi nyari laptop baru buat ngeblog di mana aja nih. kan kudu bandel ya supaya kuat dibawa traveling. rekomen buat ngedit short video ga?
    (lagi merintis vlog niih)

  2. David says:

    Nice info nih. Laptop canggih tapi terjangkau, pas buat cewe2 yg mobile dan sibuk tapi tetap mau produktif bikin content. Mudah2an makin banyak blogger perempuan yg kreatif dengan konten menarik dari Indonesia.

  3. Amir says:

    Saya juga pakai ASUS dengan prosesor generasi ke 6, mengetik, membuat infografis, mengedit video, buka tutup aplikasi, browsing dan lain sebagainya menjadi lebih mulus, keren banget dah pokonya notebook ASUS. Btw kunjungan baliknya ya, terimakasih πŸ™‚

  4. Neda says:

    Info yg bagus nih krn biasanya laptop yg canggih utk kerja, berat utk dibawa2. Tp yg ini canggih dan ringan. Kalau boleh, ditambahkan juga informasi harga. Bila angkanya tidak bisa ditampilkan, mungkin bisa dengan perbandingan.

    • Endah says:

      kisarannya kayaknya mulai Rp 7jutaan kak… tergantung dari spesifikasi juga sih… kalau makin canggih prosesornya, RAM dan kapasitas storage makin besar kayaknya harganya makin naik…

  5. meta says:

    Wah ulasannya menarik banget nih, jelas banget, hmm jadi mempertimbangkan laptop asus pro nih, makasih ya infonya ,sangat bermanfaat

  6. Ariyanto says:

    Kebetulan beberapa bulan ini sering dapet message dari temen tanya laptop yg bagus, kayaknya boleh di rekomendasiin deh. hehe… Makasih reviewnya sis πŸ˜€

  7. makasi infonya mba, aku jg pake asus seri nya A455L moga-moga bandel ya …

  8. Nanda says:

    Bagus nihh laptop nya… Pengen beli ☺

  9. daisy says:

    Sippppp…πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘

  10. danzrose says:

    Bisa jadi alternatif pilihan nih, buat desain-desain elektronik, bikin layout dll. Makasih infonya.

  11. zata ligouw says:

    naksir banget sama ASUS seri P ini gw Ndah, biar makin asik ngeblognya πŸ™‚

  12. Wah, pas banget nih ada review ini! Mumping lagi nyari laptop yang mendukung kegiatan sebagai pekerja kreatif yang banyak nyambinya. Hihi.

  13. Fakri says:

    Menarik nih speknya. Bisa main PES berjam-jam nih ga πŸ‘

  14. Florentina says:

    Sepertinya bagus nih buat dibeli ..yuks nabung dulu, untung2 ada yg mo beliin hehehe #colek.bojone

  15. @nurulrahma says:

    wah, laptop idaman semua blogger!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: