Asus VivoBook S S510 Tetap Ringkas dengan Layar Lapang dan Kinerja Mumpuni

Asus VivoBook S S510 adalah notebook tipis dan ringan dengan harga yang terjangkau tetapi tetap mempertahankan kinerja yang mumpuni. Notebook ini dibekali prosesor Intel® Core™ i5 7200U ini adalah prosesor generasi ke-7 terbaru dari Intel, yaitu KabyLake. Konsumsi daya keseluruhan prosesor ini berada di kisaran 7,5 watt sampai 25 watt, ini sangat rendah dibandingkan notebook umumnya. Sehingga notebook ini begitu hemat energi.

Bobot notebook begitu ringan, tak sampai 2 kg, hanya 1,5 kg saja atau 1,7 kg termasuk baterai. Desain casing notebook ini tampak elegan dengan warna Icicle Gold dan logo ASUS. Warna casing tersebut pun tampak senada dengan warna di sekeliling keyboard dan trackpad.

Bodi notebook ini ringkas walau memiliki layar yang cukup lapang yaitu 15,6 inci, tetapi besar keseluruhan bodinya seperti laptop 14 inci. Ketebalan chassisnya hanya 1,79 inci, ini lebih tipis jika dibandingkan dengan ultrabook atau notebook kategori thin and light merk lain. Keringkasan bodi ini berkat teknologi layar Nano Edge yang memakai bingkai sangat tipis, 0,78 cm saja. Sehingga penempatan layar dapat lebih maksimal dengan rasio screen to body 80%.

Tak diragukan lagi, ASUS Vivobook S S510 ini sangat unggul di bidang portabilitas yang merupakan kunci dari kehandalan notebook masa kini. Sehingga dapat mengimbangi kebutuhan pengguna komputer masa kini yang mobilitasnya tinggi. Kini bekerja tak hanya lagi diam di satu tempat, tetapi mesti fleksibel untuk berpindah-pindah lokasi mengerjakan berbagai kegiatan.. Misalnya bertemu klien dan melakukan presentasi, mengeksekusi transaksi atau sekedar berpindah lokasi sambil mencari penyegaran demi memulihkan semangat dan menemukan inspirasi.

Paket

Pada paket ASUS VivoBook S S510 yang dibandrol dengan harga Rp 9.799.000, akan diperoleh notebook ASUS VivoBook S S510 dan adapter daya. Selain itu terdapat juga kelengkapan berupa panduan penggunaan dan kartu garansi.  Garansi senilai Rp 900 ribu tersebut berlaku secara global selama 2 tahun.

Pada paket pembelian, sistem operasi yang menyertai notebook ini adalah Endless OS. Namun secara perangkat keras sebenarnya ASUS VivoBook S S510 mendukung pemakaian sistem operasi Windows 10 dengan Cortana. Endless OS adalah sistem operasi berbasis Linux yang dikembangkan oleh Endless Mobile. Sistem operasi ini dapat diunduh secara gratis dan telah dilengkapi berbagai konten sampai 100 aplikasi yang bisa dipakai gratis tanpa harus terhubung ke internet.

Desain

Dari segi tampilan, ASUS VivoBook S S510 terlihat elegan dengan warna Icicle Gold yang menyelubungi bodi laptop. Aksen warna lain pada notebook ini hanyalah warna hitam pada tombol keyboard dan warna hita pada bezel layar.

Bodi ASUS VivoBook S S510 begitu ringan jika dibandingkan notebook dengan ukuran layar 15,6 inci pada umumnya, yaitu hanya 1,5 kg, bahkan tak sampai 2 kg. Sehingga tak terlalu membebani saat membawanya berpergian.

Susunan keyboard notebook ini tidak rapat antar tombol dengan desain chiclet. Tombolnya cukup nyaman ditekan dengan sensasi membal saat mengetukkan jari di tombol.  Desain tombol panah arah atas dan panah arah bawah berukuran lebih kecil dibandingkan tombol-tombol lain.

Touchpad pada notebook terasa mulus saat disentuh dan menggerakkan kursor. Berkat fungsi palm rejection, kesalahan pengetikan pun dapat dihindari ketika tangan tak sengaja menyentuh touchpad. Bila menggunakan sistem operasi Windows 10, touchpad ini mendukung input multi-gesture dengan sentuhan sampai 4 jari.

Pada pojok kanan atas touchpad terdapat sensor sidik jari yang dapat dipakai untuk pengamanan berbasis biometrik. Dipadukan dengan fitur login aman Windows 10 Hello, pengguna dapat mengakses notebook hanya dengan menyentuhkan jari ke sensor sidik jari.

Prosesor dan GPU

ASUS VivoBook S S510 menggunakan prosesor dari Intel yakni Intel Core generasi ke-7 atau KabyLake yaitu Intel Core i5 7200U. Prosesor quad thread dengan cache sebesar 3MB ini memiliki kecepatan clock 2,5 GHz.  Kecepatan clock  tersebut dapat ditingkatkan sampai 3,1 GHz. Daya yang digunakan antara 7,5 watt hingga 25 watt, tingkat ini sangat rendah sehingga mendukung efisiensi energi.

Kinerja grafis ini dibekali dengan Nvidia GeForce 940MX dengan RAM video berkapasitas 2 GB. Demi mendukung kinerja prosesor dan grafis tersebut, digunakan RAM DDR3L yang hemat energi dengan kecepatan 2133 MHz.

Harddisk

Kapasitas harddisk yang disediakan oleh paket ASUS VivoBook S S510 adalah 1 TB. Bila tak cukup, tersedia juga SSD sebesar 128 GB. Keberadaan SSD ini dapat mendukung kinerja notebook agar maksimal, baik ketika booting maupun ketika membuka aplikasi. Kecepatan baca dan tulis akan terasa meningkat secara gratis, demikian juga kinerja keseluruhan, dan waktu boot-up. Data pun lebih aman ketika disimpan dalam SSD. Sementara itu penyimpanan data yang lebih besar dapat dilakukan pada HDD berkapasitas 1 TB yang lapang.

Port Input/Output

Kelengkapan port notebook ini cukup lengkap. Di antaranya adalah port HDMI berukuran penuh yang mudah dihubungkan ke televisi atau proyektor menggunakan kabel HDMI. Tersedia juga port USB 3.1 Type-C yang sesuai dengan koneksi berbagai perangkat masa kini dan masa yang akan datang.

 

Pada sisi kiri terdapat:

  • Port USB 2.0 Type-A
  • Port USB 2.0 Type-A
  • SD Card Reader

Pada sisi kanan terdapat:

  • Jack Audio combo 3,5 mm
  • Port USB 3.1 Type-C
  • Port HDMI ukuran penuh
  • Port USB 3.1 Type-A
  • Port Daya DC

Keunggulan Baterai

Notebook ini dapat terhindar dari baterai kembung akibat kebiasaan menghubungkan notebook terus menerus ke sumber listrik berkat fitur andalan berikut:

  1. SuperBattery menambah usia baterai tiga kali lipat dengan pemantauan pintar dan membatasi maksimal pengisian daya pada baterai. Fitur ini memungkinkan siklus pengisian ulang baterai hingga 900 kali, padahal pada notebook lain biasanya hanya 300 kali. Pengisian daya pun cepat, dalam waktu 49 menit, baterai yang awalnya kosong dapat terisi sampai 60%.
  2. Battery Health Charging App berfungsi untuk membatasi tingkat Relative State of Charge baterai agar dapat memperpanjang masa pakai baterai.

Kelebihan

Notebook ini memiliki bodi yang ringkas dan ringan walau memiliki layar cukup lapang, 15,5 inci. Kendati demikian tak lantas mengorbankan kinerja yang terbukti tetap mumpuni. Selain itu prosesornya pun mendukung pemrosesan yang hemat daya. Dari segi input, keyboard dan touchpad laptop ini sangat nyaman digunakan.

Spesifikasi Umum

Prosesor                    : Intel® Core™ i5 7200U (kecepatan clock sampai 3.1GHz)

Microprocessor Cache  : 3 MB cache

Memori                      : 4GB DDR4 RAM
Grafis                        : Discrete graphics Nvidia GT940MX 2GB VRAM

Layar                        : 15,6” (16:9) LED backlit FHD (1920×1080) dengan bezel tipis
Harddisk                    : 128GB SATA 3 M.2 SSD + 1TB HDD

Sound                       : Built-in Stereo 1.6 W Quad-Speakers And Digital Array Microphone ASUS SonicMaster Premium Technology

Pointing Device          : TouchPad with multi-touch gesture support
Port Eksternal            : 1 x Type C USB3.0 (USB3.1 GEN1), 1 x sensor sidik jari (model tertentu), 1 x HDMI, 1 x port USB 3.0 , 1 x masukan mikrofon/Headphone-out jack, 2 x USB 2.0
Wireless                    : 802.11ac (WIFI Support), Bluetooth V4.1

Dimensions                : 361.4 x 243.5 x 17.9 cm

Berat                       : 1,7 kg termasuk baterai
Kamera                    : VGA Web Camera
Daya                       : 45 W power AC adapter

ASUS VivoBook S S510 ini unggul dari segi desain bodi ringkas dan ringan tetapi tetapi memiliki layar yang lapang dan tetap mempertahankan kinerjanya. Dengan bodi yang ringkas dan ringan ini maka memudahkannya untuk dibawa berpergian. Sosoknya yang berwana Icicle Gold membuatnya terlihat elegan.

Sumber: Teknogav.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: