Dari Mana Asal Kata “Damai”?

Seorang teman menulis sejarah yang dibelokkan dengan menyebutkan salah satu agama telah beratus-ratus tahun menyebar di Indonesia dengan “damai”. Masalahnya dia salah ambil referensi mengenai agama sebelumnya yang disingkirkan. Karena kok justru agama yang umurnya lebih muda dari agama yang dia klaim “damai” tersebut yang disingkirkan. Dia bahkan tak mengakui kejayaan dua agama besar yang umurnya jauh lebih tua mampu hidup berdampingan di nusantara ini dengan aman dan tenteram. Yup! Gue nggak berani bilang “damai” karena bisa kaget jika memahami arti kata “damai” kira-kira menurut tafsir dia. Tafsir atau pemahaman kata “damai” itu berbeda antar golongan…

Gue emang terkadang suka penasaran asal suatu kata dari bahasa mana. Contohnya Unta. Saya bingung karena secara bunyi, beberapa bahasa sesuai dengan bahasa Ibrani, yaitu Gamal.
Arab: Jamal
Inggris: Camel
Latin: Camelus
Yunani: Kamelos

Lantas kenapa di Indonesia jadi Unta? Ternyata “Unta” berasal dari bahasa Sansekerta. Yes, sekali lagi bahasa yang pernah digunakan oleh agama yang pernah jaya di Indonesia sebelum dibasmi hingga menjadi minoritas.
Ini sumbernya: https://id.m.wikipedia.org/wiki/Daftar_kata_serapan_dari_bahasa_Sanskerta_dalam_bahasa_Melayu_dan_bahasa_Indonesia_modern

Oke, kembali ke asal kata “damai”
Setelah googling-googling…

Beberapa definisi “damai” adalah ketiadaan perang atau persetujuan mengakhiri perang. Jadi tak heran pembantaian habis sesuatu yang tak sepaham disebut “damai” oleh sebagian orang. Dengan logika bahwa jika tak ada lagi orang yang menganut di luar pahamnya maka tercapai kondisi ketiadaan perang.

Sumber:

https://id.wikipedia.org/wiki/Damai
http://kbbi.web.id/damai

Dan sekarang gue semakin penasaran asal kata “damai” dari mana. Soalnya selama ini “damai” yang ada di bayangan gue adalah kondisi tenang, aman, tenteram, nyaman, tanpa kekerasan.. ternyata definisi “damai” bisa lebih rendah dari itu.

Setelah googling kembali di hari kedua penasaran, ketemu informasi lain bahwa “damai” asalnya dari bahasa Jawa yang disingkat dari “aDEM AYem”?

Sementara adem ayem sendiri dari bahasa Belanda “ademhagen” yang artinya tenteram?

Iya gue masih penasaran asal kata “damai” dari mana… Adakah yang tahu info lebih akurat?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: