ASUS Vivobook 13 Slate OLED (T3300), Laptop Merangkap Tablet Super Ringan

ASUS Vivobook 13 Slate OLED (T3300) adalah laptop merangkap tablet besutan ASUS. Inovasi ASUS memang tiada henti, berbeda dengan laptop convertible yang bisa dijadikan tablet dengan memutar layar 360˚ maka Vivobook 13 Slate OLED ini bisa jadi tablet dengan melepas keyboard. Tak hanya keyboard yang bisa dilepas, pada punggung perangkat ini juga terdapat penyangga atau cover stand yang bisa dilepas.

Sistem Operasi Windows 11

Serunya lagi, sistem operasinya tentu saja sama dengan sistem operasi laptop terkini. Laptop Vivobook 13 Slate OLED (T3300) sudah menggunakan sistem operasi terbaru yaitu Windows 11. Bagi yang sudah terbiasa kerja dengan Microsoft Office untuk Windows, tentunya nggak kagok lagi saat kerja, berbeda dengan saat menggunakan tablet yang sistem operasinya bukan Windows.

Widgets merupakan salah satu fitur andalan di Windows 11 yang membantu menemukan konten yang penting bagi kita, menunjukkan jadwal meeting dan bisa ngasih kondisi cuaca saat ini dan yang akan datang. Fitur ini bisa disesuaikan untuk mendapatkan pembaruan terkini seputar berita, kehidupan sosial dan untuk mendapatkan artikel-artikel yang penting. Jadi nggak perlu khawatir lagi kudet, karena selalu update dengan kabar terkini dan nggak bakal lagi lupa nggak datang meeting. Hidup jadi lebih mudah dan teratur kan?

Fleksibel dan Ringan

ASUS Vivobook 13 Slate OLED dapat digunakan dalam empat mode, yaitu laptop, tablet, portrait stand atau orientasi vertikal dan landscape stand atau orientasi horisontal. Saat cover stand dipasang tanpa memasang keyboard, maka Vivobook 13 Slate OLED layaknya pigura foto, bisa diberdirikan dengan posisi horisontal maupun vertikal. Jadi saat nonton film serial, posisikan saja horisontal atau landscape stand mode agar nyaman saat menonton, sedangkan saat nonton video TikTok atau Instagram yang formatnya vertikal, maka layar dapat diposisikan dengan orientasi vertikal atau portrait stand mode. Engsel pada cover stand ini bisa diputar 170˚, jadi bebas deh tuh ngatur posisi kemiringan berdirinya perangkat.

Ketika keyboard dan penyangga pada Vivobook 13 Slate OLED ini dilucuti, tentu saja bobotnya jadi sangat ringan. Ringan banget bahkan kurang dari 1 kg, hanya 0,78 gram! Bobot ini bahkan lebih ringan dari bobot tablet rata-rata, jadi nggak bakal pegel pas bawa-bawa untuk kerja di jalan. Dimensinya pun ringkas, hanya 30,99 x 19,00 x 0,79 cm. Serunya lagi, Vivobook 13 Slate OLED ini dilengkapi dengan dua kamera lho, benar-benar seperti tablet pada umumnya kan. Kamera belakang memiliki resolusi 13 MP sedangkan kamera depan 5 MP.

Keandalan ASUS OLED

Saat digunakan pada mode tablet, layar sentuh Vivobook 13 Slate OLED sangat mudah dioperasikan. Bisa juga menggunakan stylus dengan teknologi MPP 2.0 di layar sentuh ini. Layar pada perangkat ini berukuran 13,3 inci dengan rasio aspek 16:9 dan menggunakan teknologi layar ASUS OLED. Tentu saja kualitas visual layar yang ditampilkan teknologi layar ASUS OLED jauh lebih mengesankan dibandingkan dengan layar biasa.

Warna yang ditampilkan lebih kaya dan akurat, detail warna sangat baik dan tampilan tidak memberikan efek blur. Keakuratan reproduksi warna pada layar ASUS OLED ini pun sudah menyandang sertifikasi PANTONE® Validated. Rentang warna layar ini memiliki color gamut 100% DCI-P3. Selain itu, layar juga didukung teknologi Dolby Vision dan kontras warna sempurna dengan sertifikasi VESA Display HDR™ True Black 500. Pada tingkat kecerahan yang rendah, tampilan pun tetap terlihat jernih. Mantap lah! Cocok banget kan buat nonton film.

Konektivitas Mumpuni

Nah kalau nonton film secara streaming, tampilan bisa tetap mulus tanpa tersendat karena Vivobbok 13 Slate OLED juga sudah didukung teknologi konektivtas mumpuni. Konektivitas ini mengandalkan Wi-Fi 6 (802.11ax). Tentu saja layaknya laptop ASUS pada umumnya, koneksi Wi-Fi ini ditingkatkan dengan fitur ASUS Wi-Fi Master. Fitur ini dapat menjaga konektivitas tetap stabil dan andal, saat berpindah-pindah tempat, perangkat akan otomatis terhubung ke jaringan yang terbaik.

Menghubungkan ASUS Vivobook 13 Slate OLED ke perangkat lain secara nirkabel juga gampang dengan koneksi Bluetooth 5.2. Sementara untuk koneksi melalui port, tersedia dua port USB tipe-C, jack audio combo 3,5 mm dan slot Micro SD card. Port USB tipe-C ini bisa digunakan untuk menghubungkan ke display eksternal dan bisa juga untuk melakukan pengisian daya.

Jika ingin menggunakan ASUS Vivobook 13 Slate OLED, tinggal pasang keyboard dengan menempelkan di port yang tersedia, maka keyboard pun dapat langsung digunakan. Gampang kan, nggak perlu proses pairing yang merepotkan seperti di tablet biasa. Keyboard ini memiliki key-travel 1,4 mm sehingga nyaman digunakan untuk mengetik.

Kinerja ASUS Vivobook 13 Slate OLED

Prosesor yang digunakan pada ASUS Vivobook 13 Slate OLED ini adalah Intel Pentium Silver N6000 dengan kecepatan clock 1,1 GHz. Kecepatan clock ini bisa ditingkatkan sampai 3,3 GHz. Penggunaan prosesor ini turut mendukung dimensi perangkat yang ringkas dan bobot yang ringan, karena tidak membutuhkan sistem pendingin yang cukup memakan tempat.

Sementara itu dari sisi grafis, digunakan prosesor grafis Intel UHD Graphics yang terintegrasi. Kinerja prosesor tersebut didukung RAM berkapasitas 8 GB dengan teknologi LPDDR4X yang hemat daya. Media penyimpanannya pun sudah menggunakan teknologi SSD PCIe 3.0 NVMe M.2 yang dapat mengakses file yang tersimpan dan memuat aplikasi lebih cepat. Kapasitas media penyimpanan ini sampai 256 GB.

Nah, keren banget kan laptop merangkap tablet ini, siapa sih yang nggak kepengen punya ASUS Vivobook 13 Slate OLED ini. Bisa dibawa jalan-jalan liburan, tanpa nambah berat isi tas, kerja pun tetap lancar. Nonton juga tentunya, seru kan!!!

Harga laptop ini juga terjangkau banget lho, hanya Rp9 jutaan saja. Yuk ah beli….

Leave a comment