Monster vs Alien

monsters-vs-aliens-poster

Film animasi garapan Dreamworks ini bagus banget, sumpah deh.. Lucu.. Berawal dari Susan yang dilamar Derek di siaran televisi. Menjelang detik-detik pernikahan si Susan ini kejatuhan meteor akhirnya dia menyerap zat Quantonium yang bikin ukuran badannya jadi besar dan sangat kuat. Alhasil karena keanehan tersebut, Susan diamankan dengan cara menjalani pengasingan di tempat pembuangan monster-monster yang dapat meresahkan masyarakat. Di sinilah Susan ketemu dengan empat teman sejatinya, si kecoak cerdas alias Dr. Cockroach Ph. D., si lendir bermata satu alias B.O.B, The Missing Link yang jago berenang dan Insectosaurus. Banyak adegan menggelikan di awal-awal pertemuan mereka. Memang tokoh favorit saya adalah si B.O.B yang suka lupa siapa dia sebenarnya. He he he, maklum ga punya otak. Satu-satunya yang cerdas dan jenius adalah si kecoak..

Pada awalnya Susan menyesali perubahan dirinya, yang membuatnya harus terpisah dari kedua orang tuanya dan Derek. Konon monter-monster ditempatkan di pengasingan oleh pemerintah Amerika agar masyarakat tidak resah memikirkan adanya monster, tapi lebih fokus untuk bayar pajak. Doh, kayaknya ga cuma di Amerika deh, di Indonesia juga pemerintah maunya rakyat bayar pajak. Sampai tiba-tiba datang makhluk luar angkasa (Alien) yang ingin mengambil alih bumi dengan robot-robotnya yang kuat. Makhluk luar angkasa ini berupa Cumi-cumi alias Gallaxhar. Demi melindungi bumi ini dari serangan si Cumi, maka General W.R. Monger yang semula menyekap para monster justru kini menugaskan para monster untuk membantu membasmi si alien.

Sebagai imbalan mengemban tugas mulia ini, para monster diperbolehkan keluar dari tempat pengasingannya. Tak menyia-nyiakan kesempatan ini, Susan menyambangi Derek karena masih yakin atas cinta mereka. Alhasil ternyata Derek sangat egois, sedikit pun dia tak mau menggubris Susan. Dia berpikir untuk meniti karir sendiri tanpa mau menolong atau pun memaklumi kondisi Susan. Duh, miris deh, gue menghayati banget perasaan Susan waktu jalan sendirian sepanjang jalan sampai akhirnya menduduki atap SPBU. Di tempat inilah, keempat teman baru Susan menghiburnya. Bahkan ketika Susan diculik oleh si cumi, justru Insectosaurus yang berjuang habis-habisan menahan agar Susan tidak terhisap pesawat alien tersebut. Sayangnya si Insectosaurus justru jadi tak sadarkan diri.

Ketiga monster sisanya akhirnya menyusul Susan dengan cara menyusup. Untungnya penyamaran B.O.B dan kecoak berhasil mengelabui kloning-kloning si cumi. Ukuran Susan saat tersebut sudah normal kembali, karena si cumi punya alat untuk menghisap Quantonium yang terkandung di badan Susan. Cumi mengincar zat tersebut agar dapat memiliki kekuatan hebat. Ketika Susan berhasil diselamatkan, justru ketiga teman Susan yang terjebak ketiban sial. Pesawat akan meledak dalam waktu singkat. Tak melupakan pengorbanan teman-temannya, Susan kembali dan melawan si cumi. Untungnya Susan berhasil mendapatkan Quantonium kembali, tubuhnya pun kembali jadi raksasa dengan kekuatan super. Dan teman-temannya pun dapat diselamatkan.

Akhir kata, Susan dan teman-teman monsternya yang semula ditakuti akhirnya kembali ke bumi menjadi pahlawan. Di saat-saat seperti itulah baru Derek datang kemudian. Baru muncul kembali kata-kata “kita”, yak benar sekali, karena demi karir, jika si Derek dapat mewawancara Susan sang pahlawan secara ekslusif maka karir dan pamornya pun naik. Baru deh di saat-saat seperti itu, Derek kembali mengobral cinta. Untung Susan adalah cewek yang cerdas, dengan menjentikkan jari raksasanya ke badan Derek saja tubuh si laki-laki egois itu sudah mental. Masih untung, B.O.B berbaik hati menangkap Derek dengan tubuhnya.

Mungkin pesan dari film ini adalah, terima saja apa yang telah menimpa dirimu beserta konsekuensinya. Semua pasti ada hikmah dan balasannya. Pasti selalu ada jalan untuk menyia-nyiakan orang yang semula pernah menyia-nyiakanmu setelah memberi janji-janji palsu di awal. Karma itu pasti ada, pasti ada.. halah..

Jangan pernah mengingkari sahabat-sahabat sejati yang selalu menemani di saat suka dan duka. Jadi ingat-ingat selalu deh, siapa ya kira-kira kecoak, B.O.B, Link dan Insectosaurus dalam hidupmu? Speaking of Insectosaurus.. ternyata di akhir cerita dia bermetamorfosa menjadi Kupu-kupu, waktu dia tak sadarkan diri, dia itu menjadi kepompong. Halah, bisa-bisa lagu Kepompong si Sindentoska itu bisa jadi OST film ini deh..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: