HP 14-g008au, Efisien dengan APU Beema

opening

HP 14-g008au Notebook PC dibekali oleh prosesor A8-6410 yang biasa digunakan oleh perangkat notebook entry level. Konsumsi daya dari keseluruhan APU sekitar 15 watt, ini sangat rendah di antara notebook pada umumnya. Bobot notebook ini pun begitu ringan, tidak sampai 2kg, hanya 1,96kg saja. Desain casing laptop ini tampak mulus dengan warna hitam yang solid, dengan logo HP berwarna putih di bagian atas. Warna hitam solid ini pun tampak senada dengan warna di sekeliling keyboard dan trackpad.

atascrop

Selain hemat daya, keunggulan lain dari notebook ini adalah kemampuan grafis dari kartu grafis Radeon R5 yang dapat digunakan untuk berbagai macam game terkini. Walaupun dengan pengaturan grafis yang rendah tetapi game-game dengan spesifikasi standar dapat berjalan dengan mulus.

Paket

Paket HP 14-g008AU yang dibandrol dengan harga Rp 4.399.000, meliputi notebook HP Notebook 14-g008AU dan adapter daya. Ujung kabel power pada adapter daya memakai kepala konektor kaki dua, sehingga tak perlu menggunakan konverter tambahan untuk dapat memakai adapter ini di panel daya biasa.

Promo-Game-A8-HP141

Selain itu tersedia juga game original yang dapat diperoleh secara gratis bagi setiap pembeli laptop yang menggunakan platform AMD APU 8. Hanya dengan melakukan redeem game pilihan tersebut di http://www.amd.com/gamepromo, dapat memilih salah satu dari game berikut, Guacamelee, Habitat, Mutant Blobs Attack dan Space Run. Promo game gratis ini terbatas hanya sampai akhir Juni 2015. Lumayan kan, dengan game tersebut sekalian dapat menguji kualitas dari kemampuan prosesor dan grafis dari HP 14-g008AU ini.

Desain

Dari segi tampilan, HP 14-g008AU ini terlihat tangguh dengan warna hitam solid yang menyelubungi seluruh bodi laptop. Tak ada aksen warna lain pada notebook ini selain keterangan karakter pada tombol yang berwarna putih dan trackpad yang berwarna hitam muda.

keyboard

Bodi HP 14-g008AU tergolong ringan jika dibandingkan dengan notebook dengan ukuran layar 14 inci pada umumnya, yaitu hanya 1,96 kg, bahkan tak sampai 2 kg. Jadi tak berat bila ingin membawanya bepergian.

Susunan keyboard notebook ini tidak rapat antar tombol, melainkan terpisah seperti susunan pulau-pulau kecil. Tombolnya cukup nyaman untuk ditekan, sayangnya desain tombol panah arah atas dan panah arah bawah kurang ergonomis, ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan tombol-tombol lainnya. Sehingga agak menyulitkan bagi yang kurang terbiasa memakainya.

Layar notebook HP 14-g008AU ini memiliki ukuran 14 inci dengan dengan dibekali teknologi BrightView LED-backlit yang mempunyai resolusi tampilan hingga 1366 x 768. Dengan menggunakan teknologi BrightView, layar tampak lebih cerah dan mengkilap, sehingga dapat menyajikan intensitas warna dan rasio kontras yang lebih baik. Sayangnya layar seperti ini cenderung memantulkan segala cahaya eksternal di sekitar.

layar

Prosesor dan GPU

HP Notebook 14-g008AU menggunakan prosesor AMD Quad Core A8-6410, ini adalah prosesor empat inti dengan daya yang rendah. Prosesor tersebut dibangun pada arsitektur Puma+ yang merupakan penerus dari desain Jaguar (APU Kabini dan Temash).

Pada prosesor ini, AMD menjaga untuk mengurangi kebocoran arus, sehingga memungkinkan untuk memperoleh kecepatan clock yang lebih tinggi secara signifikan. Hal ini menghasilkan sistem yang lebih responsif dan kinerja keseluruhan yang lebih baik. Kecepatan clock dari AMD Quad Core A8-6410 berada di 2,0 GHz, namun berkat dukungan teknologi Turbo Core, maka kecepatan tersebut dapat ditingkatkan sampai 2,4 GHz.

PC Mark 8 detail

Chip tersebut mengintegrasikan kartu grafis Radeon R5, DDR3(L)-1866 dan Southbridge dengan berbagai dukungan port I/O. Pada pengerjaan task dengan thread tunggal A8-6410 dapat berjalan dengan baik dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Kinerja CPU dari prosesor AMD A8-6410 ini setara dengan Core i3-(ULV). APU tersebut sangat memadai untuk dipakai pekerjaan sehari-hari memakai komputer, misalnya Office, menjelajahi internet dan multimedia.

Prosesor AMD A8-6410 ini pun didukung oleh fitur terbaru AMD Gesture Control (teknologi pengendalian memakai gerakan tangan melalui webcam) dan AMD Face login (login dengan menggunakan teknologi pengenalan wajah).

cpu z - cpu
GPU AMD Radeon™ R5 dengan 128 shader ini memiliki clock hingga 800 MHz. Secara rata-rata kinerja grafis ini setara dengan Intel HD Graphics 4200 atau Radeon HD 7470M. Beberapa game terkini dapat dimainkan pada notebook ini dengan pengaturan rendah, namun game yang lebih lama dan yang tak membutuhkan spesifikasi tinggi bisa berjalan dengan lancar.

cpu z - graphics

Dengan berbekal GPU AMD Radeon™ R5, HP 14-g008AU ini dapat diandalkan untuk menonton film DVD atau tampilan video dan multimedia lainnya.

Sesuai dengan ulasan sebelumnya bahwa keungulan dari prosesor AMD A8-6410 adalah konsumsi daya yang rendah sehingga menghemat daya tahan baterai. Pada penggunaan normal (memakai office dan browsing internet) HP 14-g008AU ini dapat bertahan lebih dari 3,5 jam. Ketika digunakan untuk memutar film dari DVD, daya tahan baterai sekitar 2 jam 35 menit. Namun jika film diputar dari file video di hardisk, daya tahan baterai bisa lebih dari 3 jam. Kemampuan baterainya cukup mumpuni untuk kebutuhan sehari-hari.

HP 14-g008AU ini dibekali dengan GPU AMD Radeon™ R5 yang mampu untuk memutar game-game yang didesain khusus untuk AMD. Ketika digunakan untuk memainkan pertempuran pada game laga Devil May Cry, tampilannya cukup jernih dan mulus tidak tersendat. Game-game terkini (tahun 2014) pun dapat dimainkan, walaupun bukan dengan pengaturan resolusi tampilan gambar yang tinggi. Ketangguhan GPU pada notebook ini pun dapat dicoba dengan bermain game yang didesain khusus untuk AMD, apalagi pada masa promo ini AMD menyediakan gratis salah satu game dari pilihan Guacamelee, Habitat, Mutant Blobs Attack dan Space Run.

RAM pada HP 14-g008AU menggunakan DDR3 kapasitas 2GB dengan kecepatan 1600 MHz.

cpu z - memory

Harddisk

Kapasitas harddisk yang disediakan oleh paket HP 14-g008AU adalah 500 GB 5400 RPM.

Port Input/Output

depan

Pada sisi depan terdapat:

  •  SD card reader

kanan

Pada sisi kanan, dari depan ke belakang terdapat:

  • Port USB 2.0
  • Port USB 2.0
  • DVD RW Drive

kiri

Pada sisi kiri, dari depan ke belakang terdapat

  • Jack Audio combo
  • Port USB 3.0
  • Port RJ45 (LAN)
  • Port HDMI
  • Port konektor DE-15 (konektor VGA)
  • Port adapter daya

bawahPada sisi bawah terdapat:

  • Slot baterai
  • Panel untuk mengganti RAM

Uji Coba dengan PC Mark 8

Pada uji coba menggunakan HP 14-g008AU, digunakan program PC Mark 8 untuk menguji kinerja kerja Home, Creative, Work dan Storage.

Pada uji coba Home, beban pengujian dilakukan memakai kegiatan yang biasa dilakukan pengguna awam pada sistem rumahan yang terdiri dari browsing internet, mengetik dokumen, memainkan game kasual, mengedit foto dan chatting video.

PC Mark 8 Home Conventional

PC Mark 8 Home accelerated

Pada uji coba Creative, beban pengujian dilakukan memakai kegiatan pengguna tingkat lanjut pada sistem rumahan yang terdiri dari browsing internet, mengedit foto, mengedit video, Media To Go, main game mainstream, dan chatting Video Group. Beban pengujian ini lebih berat jika dibandingkan dengan Home.

PC Mark 8 creative Conventional

PC Mark 8 creative accelerated

Pada uji coba Work, beban pengujian dilakukan memakai kegiatan di lingkungan kerja kantoran pada sistem komputer yang digunakan. Beban tersebut terdiri dari browsing internet dan pengetikan dokumen.

PC Mark 8 Work Conventional

PC Mark 8 Work accelerated

Pada uji coba Storage, beban pengujian dilakukan untuk mengukur kinerja komponen penyimpanan seperti HDD, SSD, dan Hybrid Drive. Uji coba dilakukan pada kinerja penyimpanan aplikasi Microsoft Office, Adobe Photoshop, Adobe After Effects, dan beberapa game

PC Mark 8 storage

PC Mark 8

PC Mark 8

Kelebihan

Notebook ini sudah didukung oleh AMD A8-6410 APU yang sangat efisien dan hemat daya. Prosesornya memadai untuk bermain game terkini, dan mendampingi bekerja menggunakan office, internet browser dan multimedia. Selain itu desain keyboard juga cukup nyaman dipakai.

Spesifikasi Umum

Prosesor                    : AMD Quad-Core A8-6410 APU 2GHz with Radeon R5 Graphics
Microprocessor Cache : 2 MB cache
Memori                     : 2 GB 1600 MHz DDR3L SDRAM (1 x 2 GB)
Grafis                       : AMD Radeon™ R5 Graphics
Layar                        : 14 “ diagonal BrightView LED-backlit resolusi 1366 x768 piksel
Harddisk                    : 500 GB 5400 rpm SATA
Multimedia Drive        : SuperMulti DVD Burner
Network Card             : Integrated 10/100 BASE-T Ethernet LAN
Sound                       : Dual Speakers
Keyboard                   : Full-size textured island-style
Pointing Device          : TouchPad with multi-touch gesture support
Port Eksternal            : 1 multi-format SD media card reader, 1 port USB 3.0, 2 port USB 2.0, 1 HDMI, 1 RJ-45, 1 VGA, 1 headphone/microphone combo
Wireless                    : 802.11b/g/n (1×1) and Bluetooth 4.0 combo
Dimensions               : 34.5 x 24.4 x 2.53 cm
Berat                         : 1,96 kg
Kamera                     : HP TrueVision HD Webcam dengan mikrofon digital terintegrasi
Daya                         : 45 W power AC adapter, 4-cell (41WHr) Li-Ion

system info

HP 14-g008AU ini unggul dari segi penghematan daya dan kemampuan grafisnya dalam menayangkan film dan multimedia. Selain itu bodinya yang tipis dan ringan membuatnya nyaman untuk dibawa bepergian. Sosoknya yang hitam solid pun membuatnya terlihat tangguh dan tidak ringkih.

One Response to HP 14-g008au, Efisien dengan APU Beema

  1. Anonymous says:

    termakasih infonya, sangat bermanfaat , nice info mas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: