Lenovo Z40 75 dengan APU AMD Kaveri yang Terjangkau

lenovo z40 75

Keistimewaan utama dari Lenovo Z40 75 adalah desain keyboard yang nyaman dan fitur One-Touch Recovery, serta harga yang terjangkau. Kisaran harga laptop ini adalah sekitar Rp 6 jutaan. Dari segi kehandalan grafis, tak perlu diragukan lagi, karena Lenovo Z40 75 telah dilengkapi dengan APU AMD Kaveri, salah satu prosesor andalan dari AMD.

DSC_0330

Paket

Pada kemasan paket Lenovo Z40 75 terdiri dari notebook Lenovo Z40 75, adapter daya, kartu garansi dan buku manual.

DSC_0323

Desain

Layar Notebook Lenovo Z40 75 ini memiliki ukuran 14 inci dengan resolusi tampilan hingga 1366 x 768. Permukaan layar mengkilap, sehingga memantulkan bayangan benda-benda di sekitarnya, termasuk bayangan diri ketika sedang berada di depan komputer. Hal ini dapat diatasi dengan meningkatkan level terang, namun bagi yang kurang suka dengan kondisi layar yang terang akan membuat mata mudah pegal. Dimensi laptop ini adalah 34,9 cm x 24,4 cm x 2.5 cm dan berat hanya 2,04 kg. Dengan demikian dari segi ukuran, laptop ini ringkas dan ringan untuk dibawa berpergian.

layar

Prosesor dan GPU

Lenovo Z40 75 menggunakan prosesor AMD A10-7300 yang merupakan generasi ke-4 Keluarga AMD APU seri Mobile dengan kode nama Kaveri. APU ini dibangun menggunakan arsitektur baru bernama Steamroller yang memiliki jumlah Core sebesar 10 Compute Core yaitu mengkombinasikan 4 Core CPU dan 6 Core GPU dalam satu rangkaian sehingga notebook berjalan dengan seluruh potensi prosesor. GPU yang ada di sini tidak hanya dapat menjalankan fungsi grafis tetapi juga dapat menjalankan proses komputasi seperti yang umumnya hanya dapat dikerjakan oleh CPU. Hal ini memungkinkan berkat dukungan teknologi HSA atau Heterogeneous System Architecture yang memungkinkan CPU dan GPU bekerja secara berkesinambungan melalui Fitur Intelligent Queuing (hQ). Fitur tersebut membuat CPU dan GPU memiliki tugas dan fungsi yang setara, dimana CPU dapat memberikan perintah tugas kepada GPU, begitu juga sebaliknya. Alhasil, metode ini memungkinkan CPU dan GPU bekerja lebih cepat karena setiap alur perintah dilakukan dengan arah yang dinamis.

Dengan fitur ini, tentu saja membuat Lenovo Z40-75 ini dapat menjalankan performa maksimal dengan tingkat efisiensi yang optimal.

AMD A10-7300 sudah didukung dengan teknologi AMD TrueAudio, AMD Radeon Dual Graphics, AMD Face Login (melakukan login dengan teknologi pengenalan wajah), AMD Gesture Control (teknologi pengendalian memakai gerakan tangan melalui webcam), AMD Turbo Core, 10 core, AMD Radeon R6 (Kaveri), AMD Quick Stream Technology, AMD Wireless Display, AMD Perfect Picture dengan teknologi AMD Steady Video, AMD Start Now Technology, dan AMD Enduro Technology.

A10 7300

CPU-Z CPU

Kemampuan clock GPU Radeon R6 ini 533 MHz, dalam menayangkan tampilan 3D kecepatannya setara dengan GeForce GT 720M dan dapat memutar game-game terkini dengan pengaturan rendah atau sedang pada resolusi (W)XGA. GPU tersebut dikombinasikan dengan kartu grafis Radeon R5 M230 sehingga dihasilkan solusi AMD Dual Graphics. Spesifikasi pada Radeon R6 adalah chip GPU 384 Stream Processor, 24 Texture Units, dan 8 ROP Units. Sedangkan spesifikasi pada Radeon R5 M230 adalah chip GPU 320 Stream Processor, 20 Texture Units, dan 4 ROP Units dengan nilai maksimum boost clock GPU 855 MHz dan clock memori 1800 MHz. Gabungan Radeon R6 dan Radeon R5 M230 ini menghasilkan kartu grafis Radeon R6 M255DX.

GCN 2.0 pada APU Kaveri ini memiliki desain yang efisien dan canggih demi meningkatkan kinerja grafis dengan tetap menjaga konsumsi daya. Kapasitas baterai pada Laptop Lenovo Z40 75 ini adalah 2800 mAh. Pada kondisi standby saja, daya baterai notebook ini dapat bertahan sekitar 9 jam. Sementara untuk penggunaan normal (memakai office dan browsing internet) dapat bertahan sekitar 4 jam hingga 5 jam. Untuk memutar video, daya tahan baterai hampir 3 jam. Tetapi jika digunakan untuk bermain game yang agak berat secara aktif, terjadi penurunan menjadi sekitar 2,5 jam. Pada percobaan ini, game yang digunakan adalah TombRaider dan Sniper Elite 3 dengan pengaturan tampilan 1366×768 kualitas Preset – Medium. Teknologi AMD Enduro™ akan mengaktifkan kerja GPU saat menjalankan aplikasi berat dan memerlukan grafis yang canggih. Jika aplikasi berat dan grafis canggih sudah tak digunakan, maka kerja GPU pun dimatikan secara otomatis oleh teknologi tersebut. Sehingga beban kerja pun berkurang berkat mekanisme tersebut, dan daya baterai pun lebih awet.

game

CPU-Z Graphics

RAM pada Lenovo Z40 75 menggunakan DDR3 kapasitas 4GB dengan kecepatan 1600 MHz.

CPU-Z Memory

Harddisk

Kapasitas harddisk yang disediakan oleh paket Lenovo Z40 75 adalah 1TB 5400 RPM, ini tentu saja bermanfaat untuk end user yang membutuhkan kapasitas penyimpanan maksimal.

Port Input/Output

sisi kanan

Pada sisi kanan, dari depan ke belakang terdapat:

  •  jack audio combo 3,5 mm
  • card reader
  • Port USB 2.0
  • DVD RW Drive
  • Slot Kensington clock

sisi kiri

Pada sisi kiri, dari depan ke belakang terdapat

  • Port USB 3.0
  • Port USB 2.0
  • Port HDMI
  • Port RJ45 (LAN)
  • Port konektor DE-15 (konektor VGA)
  • Port adapter daya

Beli Sekarang dan Dapatkan Satu dari Enam Game, Gratis!

Pada saat membeli Lenovo IdeaPad Z40-75 ini, saya diberitahukan bahwa AMD sedang memberikan promo untuk mendapatkan game secara gratis. Beberapa pilihan game yang diberikan gratis oleh AMD tersebut dapat dilihat dan diunduh melalui www.AMD.com/gamepromo.

promo AMD

Promo tersebut akan segera ditutup pada 31 Maret 2015. Karena tinggal beberapa hari lagi, sebaiknya jangan tunda lagi keinginan membeli Lenovo IdeaPad Z40-75 ini.

Kelebihan

Notebook ini sudah didukung oleh AMD APU Kaveri yang memiliki performa tinggi dalam menampilkan grafis canggih dengan tetap menghemat daya yang dikonsumsi. Selain itu desain keyboard juga cukup nyaman dipakai dan tersedia fitur One Touch Recovery. Dengan menggunakan fitur  One Touch Recovery, Anda dapat dengan mudah mendiagnosa masalah, restore backup dan memperbaiki.

Lenovo IdeaPad Z40-75 merupakan pilihan yang paling tepat bila Anda sedang mencari notebook dengan komponen prosesor canggih, pas untuk dipakai mengerjakan tugas sehari-hari dan juga handal untuk urusan gaming kelas menengah. Bagi yang berminat, budget yang perlu disiapkan cukup Rp 6.299.000 saja. Dan Anda pun dapat segera menikmati kehebatan notebook ini dan juga bonus game dari AMD.

Spesifikasi Umum

Prosesor    : AMD A10-7300M APU (Base 1,9 GHz/Turbo 3,2 GHz)
Grafis        : AMD Radeon™ R6 Graphics Radeon R5 M230 (discrete) + Radeon R5 M255X Dual graphics
Layar        : 14 “ resolusi 1366 x768 piksel
Memori      : 4 GB DDR3
Harddisk    : 1 TB
Port USB    : 1 x USB 3.0 + 2 x USB 2.0
Wireless     : 802.11 a/b/g/n, Bluetooth 4.0
Kamera      : Lenovo easy camera
Baterai      : 2800 mAh
Garansi     : 1 tahun

PC and device

Nah, menarik kan? Main game pun jadi ketagihan karena bisa dilakukan di mana saja dengan Lenovo Z40 75 yang ringkas ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: