Love Steaks – German Cinema

love-steaks-6

Salah satu film yang sangat layak ditonton pada ajang German Cinema adalah Love Steaks. Kisah daya tarik antara dua muda mudi dengan sifat bertolak belakang yang bekerja di hotel yang sama dalam divisi yang berbeda. Film ini banyak mengambil lokasi di seputar hotel tempat kerja mereka dan di pantai. Keindahan pantai yang sepi menjadi saksi kedua insan ini dapat puas mengekspresikan diri.

 

Dua tokoh sentral dalam film ini adalah Clemens (Franz Rogowski) dan Lara (Lana Cooper). Mereka dipertemukan di tempat kerja mereka, suatu hotel di kawasan pariwisata Ostseeküste. Clemens adalah seorang pemuda yang baru saja diterima bekerja di tempat Spa yang letaknya di bagian bawah hotel. Di tempat tersebut dia tak hanya belajar dan bekerja menjadi seorang terapis, tetapi juga mengerjakan beberapa pekerjaan tambahan seperti membersihkan spa. Dia pun tinggal seadanya di tempat tersebut tanpa ruangan pribadi khusus. Sifatnya begitu lugu dan apa adanya. Bagi yang pernah menonton serial televisi Pretty Little Liars, mungkin sosok ini mengingatkan pada tokoh Toby Cavanaugh.

Di bagian atas hotel, terdapat restoran dengan para koki dengan kelakuan yang begitu tengil. Mereka hobi untuk mengisengi satu sama lain. Salah satu dari koki itu adalah seorang wanita berambut pirang bernama Lara. Lara jauh dari sosok wanita angggun. Gayanya yang cuek. lincah dan senang mengisengi rekan kerjanya membuatnya tampak selalu riang dalam kepenatan pekerjaannya. Namun demikian, ternyata alkohol pun menjadi salah satu pelariannya. Hal tersebut sering kali membuatnya masuk dalam kondisi yang tak terkendali dan terjerumus masalah. Bahkan sempat terpaksa harus berurusan dengan polisi. Beberapa kali Clemens harus menolongnya ketika dalam keadaan jatuh karena mabuk. Mungkin Clemens dapat dibayangkan seperti Forrest Gump dan Lara seperti Jenny Curran dalam film Forrest Gump, walau sifat Lara dan Jenny tak sama dalam hal kejailan.

Adegan demi adegan mengalir begitu natural. Keluguan demi keluguan Clemens sering kali membuatnya tampak konyol.  Transisi Clemens dari yang tak berpengalaman sampai menjadi seorang terapis yang ingin memakai keahliannya untuk membantu teman. Kejailan demi kejailan Lara di dapur yang menimbulkan masalah kecil bagi dirinya sendiri. Namun ketika keluguan Clemens menggoda Lara untuk mengerjai Clemens, ternyata justru dampaknya membuat pemuda lpemalu tersebut menjadi lebih membuka diri. Mereka pun saling membantu satu sama lain. Berbagai keisengan mereka lakukan di tempat kerja dan di pantai ketika di luar jam kerja.

Kelembutan hati Clemens membuat Lara berusaha untuk mengatasi rasa ketergantungan alkohol Lara. Ilmu yang diperoleh Clemens di tempat kerjanya sering dipraktekkan pada Lara untuk melepaskan beban stres di tempat kerja. Sebaliknya beberapa kali Lara membuatkan makanan untuk Clemens. Namun ada kalanya Lara kembali kambuh dalam ketergantungan alkohol, seberapa pun keras Clemens mengatasi. Sampai akhirnya Clemens merasa perlu untuk melakukan intervensi di divisi tempat Lara bekerja.

Ketika Lara mendapat teguran dari atasannya, dia pun merasa dikhianati. Lalu bagaimana reaksi mereka masing-masing dalam menghadapi kondisi tersebut? Apakah mereka akan terpisah atau dapat berdamai kembali? Nah, bagi yang tak sempat menontonnya pada ajang German Cinema, yuk cari filmya.

Film ini merupakan karya dari Jakob Lass, seorang sutradara muda asal Jerman. Film yang menyorot pada hubungan antara dua insan di tempat kerja ini merupakan gambaran dampak kehampaan yang biasa dirasakan oleh para pekerja di kehidupan nyata. Film ini memenangkan berbagai kategori penghargaan dalam festival Film Munich 2013. Dibandingkan dengan Forrest Gump yang lebih banyak mengangkat pokok permasalahan, film ini lebih sederhana dan dapat menggambarkan secara pas hal yang dirasakan oleh para pekerja dalam kerasnya tuntutan pekerjaan dan dampaknya pada hubungan sosial mereka. Masalah ini tak hanya ada di Jerman, tetapi juga di negara-negara lain.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: