Acer Aspire V5-552G, Notebook Gaming dengan Prosesor AMD Quad Core

Desain

Kendati memiliki ukuran layar yang cukup lebar, yaitu 15,6 inci namun laptop ini dirancang dengan desain yang tipis dan ringan. Ketika dikeluarkan dari boksnya, tampak sosok Acer Aspire V5-552 dengan bentuk yang simetris dengan lengkungan kecil di setiap sudutnya. Dimensi notebook ini adalah 38,16 cm x 25,6 cm x 2,08 cm. Ketebalan notebook ini hanya 2 cm dan bobot 2,08 kg, sehingga nyaman dibawa-bawa karena cukup ringan. Acer Aspire V5-552G ini diselubungi dengan casing aluminium dengan warna Cool Steel yang tampak berkelas. Pilihan warna lain dari notebook ini adalah Polar Black.

Desain keyboard tidak rapat antar tombol, sehingga jari lebih leluasa menekan tuts dan mengurangi risiko salah tekan tombol lain. Layaknya keyboard komputer yang memanjang, pada sisi kanan keyboard terdapat tombol angka yang juga dapat berfungsi sebagai tombol panah.

CAM00123
Prosesor dan GPU

Acer Aspire V5-552G dibekali dengan prosesor AMD Elite Quad-Core A10-5757M dan GPU AMD Radeon™ HD 8750M. Integrasi antara prosesor dan GPU tersebut menghasilkan pengalaman yang luar biasa ketika bermain game berat dengan resolusi tinggi. Berbagai aplikasi 3D pun dapat berjalan dengan baik memakai notebook ini.

Ketika melakukan uji coba menggunakan Game Battlefiel 4 yang memang diberikan secara gratis pada paket notebook ini, tampilan video tampak mulus tanpa lag, dan tentunya dengan suara yang menggelegar sehingga game tampak begitu nyata. Jika ingin melakukan redeem game, dapat melalui tautan berikut www.amd.com/getbattlefield4. Game tersebut merupakan salah satu contoh game yang didukung oleh grafis yang tinggi. Battlefield 4 juga sudah mengadopsi teknologi Mantle yang dikembangkan oleh AMD dimana teknologi ini dapat membantu kartu grafis untuk berkomunikasi langsung dengan aplikasi games sehingga dapat meningkatkan performa dan pengalaman pengguna untuk mendapatkan kualitas dan gambar tingkat tinggi dalam menikmati games ini dengan perangkat mobile yang didukung oleh teknologi kartu grafis AMD Radeon™.

Walaupun kualitas grafis notebook ini memukau, namun tetap dapat menghemat daya baterai berkat dukungan teknologi AMD Enduro™ yang secara otomatis mengaktifkan dan mematikan GPU sesuai kebutuhan aplikasi yang dijalankan. Pada saat menjalankan aplikasi berat yang membutuhkan grafis maka dengan teknologi AMD Enduro, sistem akan mengaktifkan kerja GPU. Demikian juga pada saat tidak dibutuhkan, maka sistem akan menonaktifkan kerja GPU. Hal ini tentu akan mengurangi beban kerja sehingga memperpanjang umur baterai. Prosesor AMD APU Elite Quad-Core A10-5757M ini pun didukung oleh perangkat lunak AMD Elite Experiences yang memiliki fitur AMD Gesture Control (teknologi pengendalian memakai gerakan tangan melalui webcam), AMD Face login (teknologi pengenalan wajah) dan AMD Screen Mirror (teknologi berbagi konten melalui WiFi).

AMD Catalyst Control Center

AMD Catalyst Control Center

Sound System

Empat stereo speaker yang dibenamkan pada notebook inilah yang membuat pengalaman bermain game diiringi oleh audio yang menggelegar dan terasa begitu nyata. Perangkat tersebut didukung juga oleh teknologi Dolby® Digital Home Theatre®. Selain pas untuk bermain game, notebook ini juga nyaman dipakai untuk menonton film.

Harddisk

Kapasitas harddisk yang disediakan oleh paket Acer Aspire V5 ini cukup besar yaitu 1TB.

Harga dan Paket

Paket Acer Aspire V5 ini sudah disertai dengan Sistem Operasi Windows 8.1 dan tambahan versi trial dari Microsoft Office. Selain itu diberikan juga promo berupa nomor serial untuk memainkan game Battlefield 4 dan Devil May Cry atau Sonic. Harga yang dibandrol pada Acer Aspire V5 ini adalah sebesar Rp 7.599.000.

Acer dengan Windows 8.1

Acer dengan Windows 8.1

Port Input/Output

Pada sisi kiri laptop terdapat port USB 2.0 dan tombol power.

port USB 2.0 dan tombol power

sisi kiri: port USB 2.0 dan tombol power

Pada sisi kanan laptop terdapat port USB 2.0, card reader dan jack audio.

sisi kanan terdiri dari port USB 2.0, card reader dan jack audio

sisi kanan: port USB 2.0, card reader dan jack audio

Pada sisi belakang terdapat port catu daya, slot kunci Kensington, HDMI, mini-DisplayPort, USB 3.0 dan soket Ethernet.

sisi belakang: port catu daya, slot kunci Kensington, HDMI, mini-DisplayPort, USB 3.0 dan soket Ethernet

sisi belakang: port catu daya, slot kunci Kensington, HDMI, mini-DisplayPort, USB 3.0 dan soket Ethernet

Kelebihan

Beberapa kelebihan dari notebook ini adalah layar yang lebar, prosesor yang canggih dan mumpuni untuk bermain game, tampilan grafis memukau, sound system yang memberi efek suara terdengar sempurna dan nyata serta ukurannya yang tipis dan ringan memudahkannya untuk dibawa ke mana-mana.

Kekurangan

Notebook ini tidak dilengkapi dengan DVD drive dan belum didukung dengan layar sentuh. Tentu akan lebih nyaman jika Sistem Operasi Windows 8.1 yang dibekali pada Acer Aspire V5 ini juga didukung oleh layar sentuh.

Spesifikasi Umum
Prosesor        : AMD Elite Quad-Core A10-5757M APU 2.5 GHz
Grafis            : AMD Radeon™ HD 8750M with 2GB VRAM
Layar            : 15.6 “ resolusi HD 1366 x768
Sound System: Dolby® Digital Home Theatre® V4 Four built-in speakers
Memori         : 4 GB DDR3, Upgradable to 12 GB
Harddisk       : 1 TB
Port USB      : 2 x USB 2.0, 1 x USB 3.0
Wireless LAN : 802.11 a/b/g/n, Bluetooth 4.0
Kamera        : Acer Crystal Eye HD webcam
Baterai        : AC adapter: 3-pin 65W/90 W AC adapter, kapasitas 53 Wh 3560 mAh 15 V 4-cell Li-ion, daya tahan baterai hingga 4,5 jam

Info sistem Acer Aspire V5-552G

Info Sistem Acer Aspire V5

Info Sistem Acer Aspire V5

Isi Paket

Laptop dan kabel power

Isi Paket

Isi Paket

Perbandingan Kinerja Prosesor

Jika dibandingkan dengan prosesor intel, maka AMD Elite Quad-Core A10-5757M ini setara dengan Core i7-2670QM 4-Core yang sama-sama memiliki 4 inti prosesor. Perbedaannya AMD Elite Quad-Core A10-5757M memiliki L2 cache yang lebih besar 3072 KB ketimbang Core i7-2670QM 4-Core. Dan walaupun pada prosesor AMD tersebut tak terlihat memiliki L3 cache, namun ukuran L2 cache yang lebih besar menunjukkan keunggulan di komponen tersebut.

AMD Elite Quad-Core A10-5757M juga memiliki daya maksimum TDP yang lebih rendah (35 W) jika dibandingkan dengan Core i7-2670QM 4-Core (45W) walaupun memiliki ukuran yang sama yaitu 32 nm. Dengan demikian AMD Elite Quad-Core A10-5757M mengkonsumsi daya lebih sedikit dan menghasilkan panas yang lebih kecil, sehingga dapat mengerjakan tugas lebih lama.

Kecepatan clock prosesor AMD Elite Quad-Core A10-5757M juga lebih tinggi dari Core i7-260QM 4-Core. Pada AMD A10-5757M 2,5GHz sedangkan pada Core i7 260QM 2,2 GHz.

Demikianlah ulasan mengenai Acer Aspire V5. Selamat mencoba bermain game di notebook canggih ini!

One Response to Acer Aspire V5-552G, Notebook Gaming dengan Prosesor AMD Quad Core

  1. sd says:

    bisa ganti batrenya g

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: