Ekspansi Hao123 ke Indonesia

Apa pula itu Hao123? Start up yang satu ini adalah web link portal asal Cina yang telah go internasional. Di Indonesia sendiri urlnya adalah id.Hao123.com. Pada web link portal ini Anda dapat melihat berbagai situs populer di Indonesia secara umum dan berdasarkan kategori. Web ini juga terintegrasi dengan berbagai aplikasi seru lho!

Latar Belakang Hao123

Di Cina, Hao123 telah didirikan sejak tahun 1999 yang kemudian diakuisisi oleh Baidu pada tahun 2004. Baidu adalah mesin pencarian terbesar di Cina. Bahasa yang digunakan oleh Baidu adalah bahasa Cina. Google memang hanya menempati posisi nomor 3 sebagai mesin pencarian di Cina. Peringkat pertama dan kedua diduduki oleh Baidu dan Soso.

Saat ini Hao123 merupakan salah satu website populer di Cina, lebih dari 40 juta pengguna internet mengunjungi Hao123 setiap hari. Ekspansi web link portal ini ke mancanegara mulai dilakukan sejak tahun 2011. Beberapa negara yang sudah dapat menikmati layanan ini di antaranya adalah Brazil, Jepang, Mesir, Thailand dan lain-lain.

Kendati Baidu baru beroperasi di Indonesia pada tahun 2013 ini, namun Hao123 versi Indonesia telah dapat diakses sejak tahun lalu. Di Indonesia, Baidu akan fokus pada aplikasi mobile dan produk search engineering, jadi tidak berkompetisi langsung dengan Google. Bahkan di layanan Hao123 mesin pencarian yang digunakan masih menggunakan Google bukan mesin pencarian Baidu.

Hao123 memang memiliki tujuan untuk mempermudah penggunanya menemukan apa yang mereka diinginkan. Hal ini dicapai dengan mengembangkan sarana yang lebih cepat dan mudah diakses. Ambisi mereka memang ingin menjadi pusat navigator dan informasi, serta menjadi pilihan pertama bagi pengguna untuk menjelajahi dunia internet kapan saja dan di mana saja.

Dalam beberapa tahun saja perkembangan Hao123 memang cukup pesat. Situs lokal pertama mereka diluncurkan pada 20 Juni 2011 di Thailand. Kini sudah terdapat 10 versi lokal dari Hao123 dengan delapan bahasa.

Fitur

Layanan Hao123 ini mirip dengan direktori web AOL atau Excite. Dan seperti halnya direktori web tersebut, cara Hao123 meraup keuntungan adalah dengan iklan dan link berbayar. Pada situs lokal Hao123 di Indonesia, terdapat link favorit seperti Kaskus dan TokoBagus. Dan banyak lagi link-link website lokal dan global lainnya. Penentuan link yang tampil ini berdasarkan peringkat Alexa, pencarian user sendiri pada Google di Hao123, dan Google trend.

Ke depannya Hao123 akan lebih banyak bekerjasama dengan aplikasi-aplikasi lokal. Salah satu aplikasi yang digunakan pada situs ini adalah Ohdio.fm. Aplikasi ini berperan seperti radio. Di mana Anda dapat mendengarkan musik-musik secara streaming. Kerennya alunan musik yang diputar terdengar begitu lancar tanpa tersendat.

haro123-0 aplikasi ohdiofm

Jika ingin mengakses Ohdio.fm ini cukup tekan [Dengerin musik Indonesia yang paling seru sesuai suasana hatimu!] yang terletak di pojok kiri atas, tepat di bawah logo Hao123.  Pada radio yang terintegrasi dengan Hao123 ini tersedia beberapa pilihan kategori musik, yaitu Buat di Kantor, 90an Banget, Nemenin Kerja, Indoklasik, dan Terbaik Dari Indonesia. Apabila masih kurang puas dengan playlist yang ada, maka Anda dapat memilih Playlist Lain dan akan dirujuk menuju website Ohdio.fm.

Pada barisan atas Hao123 tampak tampilan kota, tanggal dan kondisi cuaca saat ini. Di bawahnya segala fitur Google Search dapat langsung digunakan, lengkap dengan informasi mengenai pencarian paling populer. Pada kolom utama Hao123 akan tampak link situs paling populer.

hao123-1a top-situs populer

Selain dari 24 situs paling populer yang disajikan tersebut, Anda juga dapat menambahkan sendiri link situs favorit Anda lho. Cukup tekan [Tambah Situsku], kemudian salin dan tempel link situs favorit Anda, ketik nama dari situs tersebut dan tekan [Tambah].  Maka link pun akan tampil di barisan bawah, tepat di sebelah kiri tombol [Tambah Situsku].

hao123-1c top-tambah situs

Masih pada kolom utama, terdapat pula aplikasi Notepad yang dapat diakses dari mana saja. Namun untuk dapat menggunakannya, Anda harus login terlebih dahulu menggunakan akun Facebook.

hao123-1b top-notepad

Menu di bawah kolom utama, juga tampak kumpulan link situs populer. Bedanya pada menu tersebut link tersebut sudah dikelompokkan berdasarkan kategorinya. Ada 20 kategori situs populer ini, yaitu Game, Musik, TV, Video & Film, Tiket, Komunitas, Belanja, Olahraga, Berita, Hiburan, Download, Manga, Gambar, Pendidikan, Kerja, Buku, Elektronik, Rumah, Otomotif dan Travel.

hao123-2 middle-situs populer

Selain situs populer, pada kolom menu ini juga terdapat pilihan untuk menampilkan Gambar Keren dan Games Hot.

hao123-3 middle-gambar keren

hao123-4 middle-games hot

Di menu paling bawah dari Hao123 terdapat beberapa peringkat link website berdasarkan kategorinya. Kategori tersebut adalah Software, Bank, Universitas, dan Fashion & Beauty.

hao123-5 bottom

Jangan khawatir ketinggalan berita-berita terkini. Karena Hao123 juga menyediakan fasilitas ini pada menu di sisi kanan website. Judul-judul berita ditampilkan berdasarkan kategori. Kategori pertama yang juga menampilkan foto dari berita tersebut adalah Top. Kategori Top menyajikan berita teratas. Beberapa kategori lainnya adalah Nasional, Internasional, Ekonomi, Game, dan Olahraga. Sumber dari berita-berita tersebut berasal dari situs kantor berita Antara. Sedangkan khusus untuk kategori Game diambil dari situs Hotgame Online.

Setelah banner kecil di bawah menu daftar judul berita, terdapat menu jadwal Sholat yang dapat dijadikan panduan waktu sholat bagi umat muslim. Namun demikian dalam kotak menu ini juga terdapat layanan untuk mengukur kecepatan internet, daftar lirik lagu, dan fitur penerjemah. Jadi bagi yang tidak membutuhkan jadwal sholat dapat mengganti tampilan default menu tersebut ke fitur lain yang tersedia tersebut. Caranya adalah dengan menekan tombol ikon gembok hingga tampak terkunci. Jika Anda menjadikan Fitur penerjemah menjadi menu default, maka setiap mengakses Hao123, fitur tersebut yang tampil di kolom menu tersebut.

Layanan penerjemahan ini terdiri dari pilihan bahasa Inggris-Indonesia, Indonesia-Inggris, Mandarin-Indonesia, Indonesia-Mandarin, Jawa-Indonesia dan Indonesia-Jawa. Di bawah menu fitur-fitur tersebut ada menu yang memuat koleksi gambar-gambar dan video-video. Jika diklik, tampilan menu kumpulan gambar-gambar ini mirip dengan Pinterest. Kemudian setelah banner di bawahnya tampak Mailbox yang berupa link untuk menuju Gmail atau Yahoo Mail.

Nilai Lebih dari Hao 123

  1. Mudah digunakan, isinya terdiri dari website, video, berita, dan tools yang populer dan berguna
  2. Intelligent, konten dari website ini dipersonalisasikan berdasarkan data user
  3. Kaya konten, halaman konten yang vertikal terdiri dari game, gambar, berita, film dan lain sebagainya
  4. Aman, seluruh link dan konten aman dari virus, spam atau hal-hal lain yang ilegal
  5. Sederhana, hampir tak ada iklan dengan desain yang sederhana
  6. Cepat, website ini dapat memuat halaman hanya dalam 2 detik dan mengkinikan konten segera

Hao123 ini kini tak hanya berperan sebagai situs navigasi, tetapi juga platform informasi dengan mutu tinggi dan konten populer yang terintegrasi.

Produk Baidu Lainnya

Kendati website Hao123 menjadi produk andalan Baidu di Indonesia, namun ada beberapa produk lain yang dirilis Baidu untuk konsumsi masyarakat Indonesia. Produk-produk kategori PC yang ditawarkan adalah Baidu PC Faster, Baidu Antivirus, dan Baidu Spark Browser. Sementara untuk kategori aplikasi mobile, produk-produknya adalah DU Battery Saver, Photo Wonder, Hao123 Reader and Sites, dan Baidu Browser.

baidu-indonesia

Selain Baidu, perusahaan besar Cina lainnya, yaitu Tencent, diberitakan telah mendekati MNC Group untuk kemungkinan merilis mesin pencarian mereka di Indonesia. Nah, kira-kira bagaimana ya potensi dua raksasa Cina ini dalam merebut pasar Indonesia.

telah dipublikasikan pada majalah T&t Januari 2014

2 Responses to Ekspansi Hao123 ke Indonesia

  1. hao123.kereen….abs…dech

  2. baru pertama Saya akses hao123, ternyata menawarkan banyak kemudahan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: