Smartfren Andromax Tab 8.0

Smartfren Tab 8

Introduction

Melanjutkan kesuksesan nama Andromax, Smartfren kembali meluncurkan tablet barunya. Berbeda dengan tablet sebelumnya yang menggunakan ukuran layar 7 inchi. Maka ukuran layar tablet ini sedikit lebih besar, yaitu 8 inchi. Sistem operasi yang digunakan pada perangkat ini masih menggunakan Jelly Bean 4.2.1, entah apakah akan mendapatkan upgrade ke Jelly Bean 4.3 atau justru langsung mendapat Kit Kat nantinya.

Berbeda dengan beberapa ponsel cerdas seri Andromax dari Smartfren yang belakangan ini sudah dapat digunakan berbarengan dengan operator GSM, maka tablet ini hanya bisa menggunakan Smartfren saja alias single slot card. Sayangnya harga tablet ini masih di atas Rp 2 juta, tepatnya Rp 2.350.000, selisih sedikit dengan Nexus 7. Memang sih ukuran layar Smartfren Andromax Tab 8.0 ini lebih besar, namun dari segi prosesor Nexus 7 masih di atas Andromax Tab 8.0 ini. Jika Nexus 7 sudah menggunakan Quad Core, maka Andromax 8 masih mengandalkan prosesor dual core. Sehingga ketika digunakan, terkadang terasa ada delay atau jeda ketika menekan menu-menu. Contohnya ketika akan mengetik, terkadang keyboard virtual tak segera tampil. Anda dapat mengecek kinerja dual core dari tablet ini menggunakan CPU Z yang dapat diinstal dari Play Store.

Tetapi jangan khawatir, tablet ini memiliki kelebihan, yaitu dapat digunakan untuk menelepon. Jadi tak hanya sekedar SMS atau memanfaatkan aplikasi messenger yang lain saja. Bahkan Anda pun dapat menggunakan Whatsapp yang tak dapat digunakan di sebagian besar tablet. Dari segi tampilan, bentuk tablet Andomax Tab 8 ini standar saja layaknya tablet pada umumnya. Cenderung kotak dengan lengkung di sudut-sudutnya. Tablet ini tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu hitam dan putih. Jika ingin tampak keren, Anda dapat membeli Leather Case tambahan untuk sekaligus melindungi tablet ini. Kabarnya di Indocomtech mendatang akan ada promo diskon pembelian leather case ini untuk setiap pembelian Smartfren Andromax Tab 8.0.

Layaknya tablet Cina, Andromax Tab 8 dapat digunakan untuk mendengarkan radio FM hanya dengan mengandalkan earphone sebagai antena. Selain mendengarkan radio, tablet ini pun menyediakan aplikasi Gudang Musik yang merupakan kerjasama antara Melon dengan Smartfren. Hiburan berupa video-video yang update pun dapat dengan mudah diakses dari Centro One yang merupakan penyedia layanan VOD atau Video on Demand. Tentu saja selain Centro One juga tersedia layanan Video lainnya seperti Viki, VMS dan YouTube.

Menu khas Smartfren yang masih terdapat juga pada tablet ini adalah Customer Information yang memuat segala informasi mengenai nomor yang Anda gunakan, mulai dari nomor Smartfren, masa berlaku, paket yang digunakan dan masih banyak lagi. Dan tentu saja transaksi menggunakan Smartfren Uangku. Smartfren App Store menawarkan alternatif lain mengunduh aplikasi selain melalui Play Store.

Tablet ini sudah menyediakan port HDMI sehingga dapat disambungkan dengan monitor atau perangkat lain yang sudah didukung juga dengan kemampuan HDMI. Selain itu tersedia pula port micro USB yang dapat disambungkan dengan kabel OTG sehingga dapat dipasang dengan perangkat I/O. Misalnya keyboard eksternal atau flash disk. Jika flash disk dipasang pada tablet, maka untuk membukanya dapat dari File Browser, lalu pilih udisk.

Mengenai paket data, jangan khawatir, sebab ada gratis data 12 GB selama 12 bulan. Caranya, setiap kali isi ulang Rp 50 ribu, maka Anda akan mendapatkan bonus data 1GB yang berlaku selama 1 bulan.

Key features
•    CDMA 2000 1x EVDO Rev A, Up to 3,1 Mbps
•    8” TFT LED, 1024 x 768 pixels (160 ppi pixels density)
•    Android 4.2.1 Jelly Bean
•    Dual Core 1,5 GHz, Dual Mali 400
•    Built in storage 8 GB, external memory slot up to 32 GB
•    Dual Camera, 5 MP with flash & Autofocus (primary), 2MP (secondary)
•    1GB RAM
•    Capacitive Multitouch Screen
•    WiFi dan WiFi Hotspot Capability
•    Built in GPS
•    Micro USB port (charging), support OTG cable
•    Google Play Store
•    RUIM Enabled
•    Standard 3.5 mm audio jack
•    Battery Lithium 5000mAh
•    Sensor Accelerometer, ambient light dan magnetic field

Kelemahan
•    Masih Dual Core
•    Belum didukung NFC
•    Responnya agak lambat

Unboxing
Kotak dus Smartfren Tab 8 inchi ini sesuai dengan ukuran tablet tersebut dengan tinggi kotak yang tak terlalu tebal. Ketika dibuka, ponsel tampak di bagian atas yang dibatasi dengan dus pembatas. Di bagian bawahnya terdapat panduan penggunaan gadget, kartu garansi, baterai, handsfree, kabel OTG, kabel data, dan kepala charger. Tidak terdapat tempat micro SD, mungkin karena kapasitas memori dari tablet ini sudah cukup  besar.

Uji Coba
Layaknya menggunakan ponsel Android, lakukan login terlebih dahulu menggunakan akun Google saat pertama kali menyalakan ponsel. Nah, setelah sudah berhasil masuk ke dalam menu-menu dari ponsel, maka berbagai fitur yang membutuhkan login Google sudah dapat langsung digunakan.
Image

Tampilan Smart fren Gudang Musik

Smartfren Gudang Musik

Tampilan Radio FM

Screenshot_2013-10-19-16-14-05

Tampilan Hangouts Screenshot_2013-10-19-16-14-55

Tampilan Whatsapp

Screenshot_2013-10-19-16-16-16

Tampilan Informasi Sistem Menggunakan CPU-Z

Screenshot_2013-10-19-16-16-44

Tampilan File Browser Untuk Melihat Isi Flashdisk

Screenshot_2013-10-19-16-42-53

Tampilan Aplikasi Centro One

Screenshot_2013-10-19-18-41-56

Tampilan Smartfren App StoreScreenshot_2013-10-19-18-47-30

Hasil Foto

IMG-20131015-WA0000

Demikianlah sekilas uji coba menggunakan Smartfren Andomax Tab 8.0

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: