Smartfren Andro Max, Low Price, Max Features

Introduction

Kendati menyandang nama “smartfren andro max”, namun spesifikasi dari gadget ini justru lebih rendah ketimbang smartfren Andro. Beberapa spesifikasi yang diturunkan adalah ukuran layar dan kecepatan prosesor. Smartfren andro max sudah dibekali dengan sistem operasi Ice Cream Sandwich dibanding dengan pendahulunya, smartfren andro yang diluncurkan dengan Gingerbread. Namun demikian smartfren andro pun dapat diupgrade ke Ice Cream Sandwich.

Smartfren mengeluarkan seri andro max dalam bentuk ponsel cerdas dan tablet. Meskipun harga ponsel smartfren andro max ini dibawah 1 juta, alias Rp 888 ribu, namun fitur-fitur yang diusung cukup mumpuni. Ditambah lagi layanan smartfren dengan bonus khusus yang mendampingi ponsel ini. Berbeda dengan ponsel-ponsel high end CDMA, Android canggih ini tidak perlu di-inject. Anda dapat dengan mudah berganti-ganti nomor smartfren dengan RUIM atau kartu perdana. Saat booting, ponsel ini pun akan menampilkan logo dan nuansa smartfren.

Dari segi fisik, sekilas sosok smartfren andro max mirip dengan iPhone, dengan sudut-sudut lengkungan yang lebih kotak ketimbang smartfren andro. Pembeda lainnya adalah logo smartfren yang tampak mentereng di bagian depan. Anda pun dapat dengan mudah melakukan screenshot tanpa harus menambah aplikasi dengan menekan tombol power dan volume down.

Layaknya ponsel cerdas Android dengan sistem operasi terkini, Anda dapat menjadikan ponsel ini sebagai hot spot yang dapat digunakan oleh lima gadget lain dengan koneksi WiFi. Sayangnya jika Anda mengandalkan koneksi WiFi untuk gadget ini di suatu hot spot, daya tangkap sinyalnya kurang kuat. Mungkin hal ini karena ponsel cerdas ini sudah cukup mengandalkan koneksi data EVDO yang diberikan oleh Smartfren.


Key features
•    CDMA 2000 1x EVDO Rev A, 800 MHz
•    3.5” TFT LED, HVGA (480 x 320 piksel)
•    Android 4.0 Ice Cream Sandwich
•    800 MHz Qualcomm MSM7625A processor, Adreno 200 GPU
•    Built in storage 1GB Nand Flash
•    3 Mpx camera
•    512 RAM
•    Capacitive Multitouch Screen
•    WiFi dan WiFi Hotspot Capability
•    Built in GPS
•    Micro USB port (charging)
•    Google Apps
•    RUIM Enabled
•    Standard 3.5 mm audio jack
•    Battery Lithium 1200mAh
•    Sensor gravitasi

Kelemahan
•    Ukuran layar lebih kecil ketimbang smartfren andro
•    Prosesor tidak sampai 1 GB
•    Tidak ada lampu blitz pada kamera

Unboxing

Kotak dus smartfren andro max cukup ringkas seperti kotak iPhone. Ketika dibuka, ponsel tampak di bagian atas yang dibatasi dengan dus pembatas. Di bagian bawahnya terdapat panduan penggunaan ponsel, kartu perdana, petunjuk berlangganan paket connex, kartu garansi, baterai, handsfree, kabel data, dan kepala charger. Tidak terdapat tempat micro SD, memori eksternal tersebut sudah disematkan pada slot micro SD di dalam ponsel.

Isi paket smartfren andro max
Uji Coba

Layaknya menggunakan ponsel Android, lakukan login terlebih dahulu menggunakan akun Google saat pertama kali menyalakan ponsel. Nah, setelah sudah berhasil masuk ke dalam menu-menu dari ponsel, maka Anda dapat mengganti wallpaper, misalnya tidak nyaman dengan logo operator. Menu home screen terdiri dari lima halaman. Anda dapat memasang jam di halaman tengah, dan beberapa aplikasi setelah diinstal juga akan tampil shortcutnya di halaman tengah ini.

Standard home screen

Standard home screen

Menu Ganti Wallpaper

Menu Ganti Wallpaper

other wallpaper + installed apps shortcut

other wallpaper + installed apps shortcut

Beberapa aplikasi khusus Smartfren pun sudah tersedia pada menu aplikasi, di antaranya adalah Customer Information, Gudang Musik, SMART Pustaka, Smartfren Mobile, Smartfren RBT, Smartfren Store, dan Uangku. Smartfren Mobile sebenarnya adalah layanan Smartfren TV, sepertinya smartfren mencoba membuktikan bahwa koneksi data mereka cukup mumpuni untuk menonton TV. Selain Smartfren Mobile, layanan lain yang menyajikan streaming audio atau video adalah Gudang Musik, Viki dan YouTube.

Gudang Musik

Gudang Musik

Pada halaman Home Screen, Anda dapat menyematkan widget-widgetsesuai selera, atau pun sekedar menempatkan ikon shortcut. Widget yang sudah tersemat pada tiap halaman ini antara lain adalah Google Search, Smartfren Customer Info, menu pengaturan wireless dan tampilan ponsel.

Widget Google Search, Customer Information & Wireless Settings

Widget Google Search, Customer Information & Wireless Settings

Vendor smartfren andro max ini sebenarnya adalah Hisense, dengan model E860. Anda tidak perlu menginstal aplikasi

tambahan untuk mengelola file-file yang tersimpan, sebab ponsel ini sudah dibekali dengan File Manager. Begitu pula aplikasi screen shot, sebab layaknya ponsel dengan sistem operasi Ice Cream Sandwich, Anda dapat melakukan capture layar dengan menekan tombol power dan volume down. Sayangnya hasil capture sering gagal dikopi ke komputer, akhirnya saya mencoba pemindahannya menggunakan Dropbox.

Sayangnya layanan customer information sering gagal saat melakukan pelacakan nomor yang digunakan beserta informasinya. Gudang musik merupakan aplikasi kerjasama antara Smartfren dan Melon. Fitur dari aplikasi ini adalah untuk membeli dan mendengarkan musik. Aplikasi yang cukup istimewa lainnya adalah SMART PUSTAKA yang berfungsi seperti newstand pada iPhone. Anda dapat membaca buku-buku, koran dan majalah secara elektronik.

SMART PUSTAKA

SMART PUSTAKA

Selain menampilkan aplikasi-aplikasi, menu utama juga menyediakan widget-widget yang dapat diletakkan pada home screen. Widgets tersebut terdiri dari Analog clock, ASI Widget, Bookmark, Calendar, Contact, Customer Information, Direct Dial, Direct message, Directions & Navigation, Drive, Email, Gmail, Gmail label, Home Screen tips, Latitude, Music, Music Playlist, Photo Gallery, Play Store, Power Control, Search, Setting shortcut, Traffic, dan aplikasi-aplikasi unduhan yang juga menyediakan widget.

Menu untuk menyematkan widget

Menu untuk menyematkan widget

Menu untuk menyematkan widget

Menu untuk menyematkan widget

Home screen dengan widget twicca

Home screen dengan widget twicca

Fungsi pengeditan teks, baik itu di aplikasi SMS, message, status atau aplikasi yang menggunakan teks, dapat dengan mudah dilakukan. Fungsi tersebut memang sudah ada sejak sistem operasi Gingerbread, Anda cukup menekan teks agak lama, hingga tampil alat untuk memilih teks, tekan agak lama, maka tampillah fungsi-fungsi dasar seperti memotong, mengopi, atau menghapus.

Mengedit teks

Mengedit teks

Tanpa melakukan pengaturan email ulang, secara otomatis, Anda akan terlogin pada gmail, ketika fitur tersebut dibuka. Hal ini disebabkan oleh wajibnya login menggunakan Google ketika pertama kali menggunakan ponsel.

Gmail

Gmail

Jeprat jepret gaya dengan kamera 3 MPx juga cukup oke, sayangnya fitur ini tidak dilengkapi dengan lampu flash, sehingga kurang memadai untuk pemotretan pada kondisi gelap. Hasilnya tidak jelas. Namun secara keseluruhan, ponsel cerdas ini lumayan mumpuni untuk harga di bawah Rp 1 juta. Meminjam istilah salah satu artis yang juga aktif ngoprek Android, Cabe Rawit!

Pemotretan Kondisi Terang

Pemotretan Kondisi Terang

Pemotretan Kondisi Gelap

Pemotretan Kondisi Gelap

2 Responses to Smartfren Andro Max, Low Price, Max Features

  1. Razy says:

    Kebetulan saya sempat mencoba gadget ini selama 6 bulan. Biarpun tidak terlalu canggih secara prosesor maupun fitur, tapi cukup layak dicoba jika anda mempunyai budget yang agak ketat.🙂

  2. Ipeh says:

    Siang, Mba🙂
    Mau tanya, kira-kira boleh nggak minta tolong ganti sumber foto pertamanya dari yang web smartfren saja menjadi artikel smartfren yang memang pake gambar tersebut?

    Kalau berkenan, boleh langsung diubah, aku sertakan URL nya ya mba🙂

    http://www.smartfren.com/ina/article/8402032013163231/

    Makasih banyak, Mba!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: