Merantau

MerantauPoster

Sebenarnya gue nonton film ini lebih dahulu ketimbang nonton Merah Putih, tapi semangat mencela film ini masih rada mending jadi masih bisa gue tunda reviewnya. Film ini disutradarai oleh Gareth Evans, tapi jangan berharap film ini bisa sekelas film-film holywood. Film ini lebih kacangan ketimbang film-film karya anak bangsa. Adegannya agak-agak over, terutama adegan yang berlinangan darah. Warna darah kadang-kadang pink, kadang merah kadang ungu. Baik aktris dan aktor ga terlalu jauh dari make up lebam-lebam dengan nuansa pink dan ungu.

Dimeriahkan oleh aktris kawakan Christine Hakim dan aktor favorit gua, Dony Alamsyah. Bintang utama film ini adalah pendatang baru, yaitu Iko Uwais yang berperan sebagai Yuda. Konon dia dipilih karena memang pesilat kawakan. Dari segi tampang lumayanlah dengan gigi gingsulnya. Tapi lafal dialog kurang jelas, entah memang disengaja untuk menggambarkan bahwa dia putera daerah atau memang aslinya begitu. Dari segi cerita, sedikit ada kematangan, setidaknya sutradara tidak terlalu bingung mengarahkan alur cerita. Tentang seorang anak laki-laki yang secara adat Minangkabau harus merantau sebagai salah satu tradisi. Di perjalanan dia bertemu dengan seorang pesilat juga yang nantinya akan beberapa kali bertemu sampai akhirnya harus bertarung. Agak OOT pesilat lain yang bernama Eric ini diperankan oleh Yayan Ruhian yang muka monyongnya bikin gue dan temen gue tertawa tergelak-gelak sepanjang film. Sumpah nggak lucu, tapi karena mirip seseorang, yang seharusnya adegan menegangkan malah bikin ketawa.

Sebenarnya aktor dan aktris kita lumayan bagus aktingnya. Sedikit kekurangan justru hadir dari akting para bule yang rada kaku, dan lagi kekerasan yang terlalu over. Seperti pecahan botol yang masih nemplok di muka bule-bule. Duh kok malah marah-marah bukannya berasa sakit. Terus adegan getok botol di kepala salah satu bule oleh bule lain pas berantem, dengan efek darah kental yang mengalir.. hu hu hu terlalu over deh. Dan jargon khas film-film laga yang di Indonesiakan agak terasa aneh. Contohnya “Merindukan saya?” waktu si Yuda berhasil ngebuka container tempat cewe-cewe yang akan dijual disekap. Duh itu terjemahan bebas banget deh dari film laga luar. Kalau dinilai pake kancut… hmm film ini dapat tiga kancut aja deh… soalnya dari kematangan cerita rada lumayan, konfliknya ada dan karakternya lumayan terbentuk. Tapi ya itu tadi, adegan laga dan efek darah-darahnya terlalu berlebihan.

11 Responses to Merantau

  1. Fadz says:

    Merindukan saya itu comment yg ada di Merah Putih bung, bukan di Merantau.

  2. rorygilmore says:

    iya, salah film. Thanks atas koreksinya..

  3. andre says:

    gw paling suka pas adegan si eric berantem di scene “interview”, pas endingnya sekilas mirip donny yen🙂

  4. bleki says:

    wuidihhhh ….mencelanya sadis bgt! mbak udah pernah bikin film? jgn gini” bgt lah klo nyela film indonesia,justru dari film” yg dinilai kancut ini (merah putih dan merantau)maka akan tumbuh film” yg akan pantut dinilai menjadi bintang😀

  5. Endah says:

    sudah🙂
    sebelum mengkritik coba cek dulu review film gue yang lain…
    Banyak film Indonesia yang gue apresiasi kan?
    Intinya karya murni anak bangsa jauh lebih baik ketimbang kolaborasi dengan bule..
    Lihat Jagad X-Code, isi ceritanya sederhana. Latar lokasinya menghargai Karya Romo Mangunwijaya.. itu tergolong film bermutu….
    Denias juga bagus.. sudah banyak film Indonesia yang bagus.. tapi bukan Merah Putih dan Merantau…

  6. ariasparrow says:

    ikut menyimak bos blognya,secara gw juga pecinta film,, hehe, gw follow ya… tengkyu…

  7. dhiniy says:

    filmnya menarik kok..

  8. Very Nice website. I built mine and i was looking for some design ideas and you gave me a few. The website was developed by you?

    Thanks

  9. Aan Ezhar (aan.ezhar[at]yahoo) says:

    orang indonesia paling jago kritik,pandai ngomong doang…monyetlah!!!

    • Endah says:

      Orang yang komentar ini orang Indonesia bukan ya? Ternyata dia menilai dirinya seperti itu. Tidak menghargai orang yang menyatakan pendapat atas film yang ditontonnya.. ckckck

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: