Dan Semua Berkampanye…

Pagi ini, 17 Agustus 2008 sebagai seorang karyawan di BUMN gue wajib mengikuti upacara. Berhubung hari ini hari Minggu, dan praktis gue ga tidur selama perjalanan dari rumah ke kantor, terlihatlah berbagai spanduk partai dengan slogannya masing-masing. Buat gue yang skeptis terhadap ketulusan partai untuk benar-benar mementingkan kebutuhan rakyat kecil, gue ga terlalu ambil pusing atas spanduk-spanduk tersebut. Kecuali menilai spanduk dan berbagai artibut tersebut turut berkontribusi dalam kumuhnya pemandangan Jakarta ini.

Beberapa waktu silam, gue sempat baca blog temen gue, isinya berkisar mengenai keluhannya atas SMS-SMS spam yang mengusung ajakan untuk memilih kandidat pilkada. Walaupun sebenarnya sih kalau soal SMS solusinya cukup gampang… pasang saja aplikasi anti Spam, otomatis SMS tak berguna itu terhapus dari ponsel.

Kejadian tadi sore cukup menggelikan buat gue. Komunitas W!r0@$t, yang merupakan ajang untuk menampung segala kegiatan flirty dan perselingkuhan memang sejak beberapa tahun silam sudah terindikasi menjadi partisan salah satu partai yang logonya didominasi warna biru dan putih. Gue mendapatkan beberapa informasi dari salah seorang narasumber gue yang cukup netral. Kebetulan beliau ikut membantu membidani media cetak yang ingin dijadikan corong aspirasi partai tersebut dalam skala profesional.

Sebut saja Semut seorang anggota W!r0@$t, entah dia caleg atau bukan. Yang jelas sejak awal beliau terang-terangan meminta tolong agar segala masa lalunya mengenai perceraian dan berbagai perselingkuhan dengan pria-pria dari dunia maya tersebut jangan diungkit sama sekali selama beliau mengurus partai yang banyak diramaikan artis dan skandal tersebut. Padahal narasumber gue tadinya malah tidak tahu menahu mengenai aib beliau. Well, itu toh sudah risiko, terkadang politisi suka bertindak semaunya tapi ingin bersih tiba-tiba di kemudian hari. Apalagi masalah pendanaan media yang sudah dirancang tersebut juga tidak jelas penggantiannya.

Masalah kampanye di media elektronik pun tak kalah mengganggu. Mungkin karena sehari-hari gue jarang nonton televisi, gue ga tau betapa tayangannya TV kini sudah dijejali berbagai pesan-pesan para tokoh partai. Namun liburan menjelang hari kemerdekaan yang cukup panjang ini, membuat gue sedikit ngeh terhadap isu yang sedang terjadi. Lagi-lagi kasus ini berkaitan dengan partai berlambang matahari putih beralaskan warna biru. Tokoh berinisial SB yang pernah diisukan dengan seorang artis berinisial NP tersebut digugat oleh seorang suster.

Gugatan ini berawal dari penayangan iklan kampanye yang mendompleng karakter Hj Rabiah atau Suster Apung, seorang suster yang dalam bertugas harus mengunjungi pasiennya dengan perahu kecil dan menerjang ganasnya ombak. Kelihatannya mungkin sepele, namun tokoh partai tersebut sudah mendompleng karakter rakyat kecil yang memiliki perjuangan luar biasa. Well, tetap saja sang tokoh dapat berkilah kalau beliau tidak tahu menahu materi iklan tersebut, itu urusan si biro iklan. Enteng tapi pasti…

Saat pembuatan materi tersebut, Suster Apung tidak diberi keterangan yang jelas mengenai tujuan iklan tersebut untuk berpolitik. Beliau mengira iklan tersebut akan dijadikan PSA (Public Service Advertisement). Sepele memang.. tapi toh sudah jadi sarapan publik bahwa partai yang sudah digdaya cenderung menyepelekan hal-hal yang terkesan remeh. Tapi apakah gugatan Suster Apung cukup remeh dan pantas untuk disepelekan?

Rabiah sendiri konon belum menuntut penarikan iklan tersebut dari tayangan TV, cukup disayangkan juga. Karena belum tentu orang mengetahui kasus pendomplengan karakter ini. Akibatnya penonton dengan mudahnya akan memberikan simpati pada partai tersebut. Sungguh hebatnya teknologi pencucian otak ala Televisi… Mungkin ada baiknya segala jenis tayangan dikonfirmasi terlebih dahulu, apakah semua pihak yang terlibat sudah mengetahu tujuan materi tayangan. Jangan sampai ada lagi pemanfaatan karakter, apalagi karakter rakyat kecil yang dapat menarik simpati banyak orang tanpa sepengetahuan pemilik karakter itu sendiri.

Untungnya tokoh seperti Iwan Fals yang memiliki banyak massa, cukup sadar untuk tidak dijadikan alat politik. Beliau tidak dengan mudah dikecoh agar terlihat seperti pendukung partai tertentu. Sebab boleh jadi partai mana pun yang bisa menggaet Iwan Fals untuk terjun di dunia politik, dijamin bisa meraup pendukung terbesar.

-ditulis oleh seseorang yang bukan pemerhati politik, apalagi ahli politik… hanya si dungu yang miris melihat rakusnya orang-orang yang haus kekuasaan, tanpa peduli pada rakyat –

46 Responses to Dan Semua Berkampanye…

  1. Tulisan yang jujur. Tak kurang: berani!

  2. ciblon says:

    Jika politik membuat orang panas dan gersang, puisilah yang akan menghaluskanya…

  3. nant's says:

    Sibuk banget ye sampe jarang nonton tipi. Ck ck ck jangan jangan tinggal nunggu iklannya nih?😀

    Endah for President!

  4. Endah says:

    Ah ribet euy jadi presiden.. jadi orang biasa aja udah dituduh yg ngga2
    jadi cewenya sutradara.. udah ngumpet2 bisa sih terhindar dari infotainment.. lah tuduhan lain yg nimpa akhirnya skrg.. emang para bini bawaannya jeles ama gue kali yah…

    Padahal gue ga jeles tuh ama cewe2 artis yg di sekitar laki gue.. hu hu hu…

  5. Itulah pulitik.. pulitik!
    Salam kenal…

  6. W!r0@$t says:

    masih ajah ngomongin org..hobi apa penyakit seh??

    W!r0@$t

  7. Endra says:

    Hmm… kebetulan gue tahu ya elu omongin Ndah. Kenapa ya selalu masih ada ada dendam kesumat.

  8. Endah says:

    Eh, ada yg ngerasa ya…

    Kayaknya orang yg melakukan SMS spoofing nih… Yang pakai jurus lama ngirim SMS ke orang-orang dengan nomor HP gue. Dasar penjegal tidak berperikemanusiaan…

  9. wirocst says:

    udah mo kiamat masih pada berantem aja. udah sana yg masih waras pada ngalah. yg udah gila buruan minum obat gih!

  10. ganteng_5150 says:

    udah mo kiamat masih pada berantem aja. udah sana yg masih waras pada ngalah. yg udah gila buruan minum obat gih!

  11. Ances says:

    Ada apa yaa…
    ndahhh gimana Hardisk externalnyaa
    jadi jualan ngga kok ngga ada kabar sehhh

  12. NangQ says:

    sory ya…kl ngomong tuh mesti hati2.
    lo ngomong ada yg selingkuh, sapa?? ada bukti dan saksinya ga??
    lo ngomong ada yg fitnah, fitnah apa?? sapa yg fitnah?? sapa yg sms spooling?? and sms spoofing tuh apaan??
    terus kalo ada masalah ama person jangan bawa2 komunitas org donk. itu namanya cari ribut.
    jangan2 lo emang bener penulis kacangan yang cuma bisa cuap2 gosip nuduh org tanpa bukti.

    ya semoga masalahnya bisa sembuh, eh maksudnya bisa selesai dgn baek tanpa ada luka dihati.

    -pengeran kelana gunung kembar-

  13. Endah says:

    Mohon maaf pada para pemred yang penulisnya dibilang penulis kacangan…
    Mohon maaf pada para penerbit buku-buku saya jika ada orang-orang yang sirik seperti yang komentar di atas ini.

    Semoga seluruh majalah dan buku-buku yang sudah diterbitkan tidak terpengaruh oleh kata-kata kacangan tak berarti…

    Apakah ada nama asli di tulisan saya? Apakah ada nama yang saya tulis dengan jelas? Emang dasarnya ada yg ngerasa aja…

    Jadi kalau memang ada yang merasa, ya mohon maaf..
    Toh anggap saja tulisan saya fiksi…

  14. pemred says:

    ya kacang..dimaapkan..cepat sembuh ya…

  15. Endah says:

    Tolong yang memberi komentar berani memberikan nama asli, jangan menambah fitnah dengan mengaku2 orang lain.

    Hanya pengecut yang mengatasnamakan orang lain….

  16. W!r0@$t says:

    “Kejadian tadi sore cukup menggelikan buat gue. Komunitas W!r0@$t, yang merupakan ajang untuk menampung segala kegiatan flirty dan perselingkuhan” << lah ini maksudnya apa ya??

  17. nobody says:

    Reading ur writing that titles “Fenomena Ponsel Cina dan Sinetron Indonesia”
    i agree with with u on that..
    and i definitely agree with u on Roy Sayur (eh Roy Suryo)

    And i also agree with u on the substance of what u wrote above..
    Not really sure on how u wrote it though..:)

    Mahatma Gandhi once said:
    The weak can never forgive. Forgiveness is the attribute of the strong.
    🙂

  18. -antara pahaku dan dia- says:

    numpang lewat aja akhhh
    dah mendekati bulan ramadhan
    saling memaafkan lebih baik dari pada saling mencaci..
    semoga amal ibadah kita di berkahi sama yg MAHA KUASA AMIN..

  19. Ances says:

    aduhh coba beneran yaa cerita itu enak kali di wiro.. hmmm atau anda mau yang pertama
    kl ngga ada yang mau saya juga mau

    HAAAII… SELINGKUHIN KITA DONG

  20. Endah says:

    yah.. saya emang weak kok…

  21. Burung says:

    The first rule is.. “Do not give opinions or advice unless you are asked.”

    And now, since you’ve been asking me to do, I will give my opinion:
    “Do not complain about anything to which you need not subject yourself.”

    Got my point?

    Or else, delete that one paragraph, plz

  22. nangQ says:

    mengutip kata2 Usman Hamid (Kontras): Memaafkan itu emang harus dilakukan untuk kebaikan bersama, tapi kebenaran mesti tetap diungkapkan.
    hehe enak ajah maen hapus2 doank, klarifikasi dunks kl paragraph tersebut ngga bener.

    menyambut bulan yg suci marilah kita bermaaf-maafan.
    god bless u all.

  23. Endah says:

    Maaf saya hanya bilang akan mencabut, bukan berarti paragraf tersebut tidak benar.
    Dengan sepenuh hati saya klarifikasi bahwa berita tersebut benar adanya…

  24. Burung says:

    I typed “delete”, means I suggest you to erase it, and not quote the cut-out here.. *lol*

  25. nobody says:

    by quoting gandhi..
    it is not in my intention to imply that u’re one.
    on the contrary.
    it is meant to encourage u.

    perhaps, now it’s time for u to let go of ur past.
    it’s time to give it all up.
    giving up doesn’t always mean that u’re weak, sometimes it means that u’re strong enough to let go.

    cause u know.. even though that u have done a very good work in disguising ur rage, ur anger. it can still be felt in almost every writing that u make.🙂

    anyone can become angry – that is easy, but to be angry with the right person at the right time, and for the right purpose and in the right way – that is not within everyone’s power and that is not easy. – Aristotle🙂

    so…
    it’s time to move on with ur life now dear.
    don’t let urself get stuck in a moment for too long, cause u’re risking not being able to get out of it.

    u’re a smart person, that can be easily seen from ur writings🙂
    so i know that u’re smart enough to know that life is far too precious to be spent on small matter like this. 🙂

  26. asap says:

    terlalu banyak metamorfosanya, ga ngerti gw….eh, metamorfosa ato metaphor ya? arrgghh…hidup iwan fals, hidup aris, hidup ihsg (baca: kpn bottom lg? sebelum rally pas pemilu)…uhuhuhu

  27. hegel says:

    to nobody:
    u r so wise, but sometime u cant change evil snake become a human.

  28. nobody says:

    My dear hegel…

    i once read a very good novel.
    it’s called The Five People U Meet In Heaven by Mitch Albom
    he wrote there..
    …Holding anger is a poison. It eats you from inside. We think that hating is a weapon that attacks the person who harmed us. But hatred is a curved blade, the harms we do the most is actually to ourselves.

    So stop practising an eye for an eye and a tooth for a tooth, cause soon the whole world will be blind and toothless
    Gandhi said that one..

    so we wouldn’t wanna live in that kind of world, would we? a world full of toothless people..:)

  29. Eerrgghhhh…..( habis lunch)

  30. cm numpang nulis says:

    yahh, namanya juga orang dungu bertutur..kalo sampe percaya juga berarti kan dungu juga….jadi kan teman2 bisa bedain mana orang dungu dan mana orang bener…

  31. OrangGila says:

    Ada apa sih?
    ini apa yah?

    dooooooooh panjang banget males baca nye… pic dunk
    kalo ada pic bisa menjelaskan semuanye :hihi:

    ini nih baru lucu

    http://dodolduren.net
    http://dodolduren.com

  32. hegel says:

    be careful when u fight a monster, lets u become one -f nietsche-

  33. Endah says:

    duh kasihan sekali orang-orang ini.. gue sebenernya bingung.. mereka saking dungunya pengen masang aplikasi ga bisa ato gimana sih..

    ato mereka ngerasa jadi salah seorang yg dituturkan tersebut?
    Well tetap salut dan maju terus untuk Suster Apung…
    Bekerja demi kemanusiaan… atau mereka sirik dengan ketulusan Suster Apung?

  34. nobody says:

    following recent developments..
    so i guess.. all of u have decided to live in a toothless world then.
    hmm..
    so sad..

  35. stranger says:

    Hi guys

    why so serious…

    it just only opinion…

    everyone have rights to write…

    no matter true or false..

    just relax and enjoy the trip..

    c u soon..muahhhh😀

    ~stranger~

  36. Nenni says:

    Ohhh….jadi ini blog yang bikin heboh. Akhirnya hari ini bisa diliat. Gara2 blog ini pula yang buat gw pagi2 di tuduh dan dimaki2? Siapa yang buat masalah? Kok gw yang dituduh??? Hanya karena diem, malah kena semprot….hikkkssss

  37. nobody says:

    My dear stranger

    It’s not about the opinions anymore.
    They are just means to an end here..

    Look beyond the words, what lies beneath them..
    There so much anger in them, so much hatred towards one another

    And what u can see in the blogger’s writings is that there’s so much misery in them.
    Caused by not being able to get out of the past.

    That’s why is so sad reading the writings and their comments

  38. rorygilmore says:

    Karena past itu mereka yang ciptakan.. karena past itu yang akan selalu diungkit…
    Semakin gigih gue merintis untuk maju, semakin ganas mereka ngejegal gue…
    kenapa? gue juga ga tau kenapa..

    kalo dulu untuk ngambil alih cowo ga berotak dengan fisik bagus, ya sudahlah, toh sudah mereka dapatkan kan? kenapa ga serang aja pemilik barunya?

  39. hegel says:

    we cannot control the evil tongues of others; but a good life enables us to disregard them. -cato the elder-
    so guys just leave this useless blog, gossip, evil and have a good life..😀

  40. Endah says:

    Udah tau useless.. tapi lo hasut orang-orang, lo kirim ke milis untuk ngebaca blog gue.
    Bahkan lo ngasih link… Ngaca deh, yg evil siapa..

    Kalo gue nulis tentang keburukan, dan lo ngerasa itu bukan salah gue dong…
    Mending lo bersihin nama gue dari semua orang-orang yg lo SMS pake no HP gue…

  41. nangQ says:

    ya sutra lah dah mau bulan puasa neh, males ribut2 dah pada gede..
    gw atas nama wiros room mengucapkan terimakasih terhadap pemilik blog ini atas kritikannya, tuduhannya dan laen2nya, karena lebih baik kami menganggap ini sebagai sumber pahala dan ujian dalam menghadapi bulan yang suci ini. Kalau memang ada fitnah atau penjelekan nama baik, kami bersedia bertemu untuk mengklarifikasinya, krn kami merasa tdk melakukan hal tersebut.
    saya harap dr kawan2 wirocst dan pemilik blog tidak ada lagi caci maki maupun hujatan setelah ini.

    Taqqaballahu mina wa minkum shiyamana wa shiyamakum…mohon maaf lahir bathin..

    wirocst

    -caseclosed-

  42. Ances says:

    nang pindah blok aja ke blok m

  43. hegel says:

    this is not fun anymore😦
    bye

  44. Endah says:

    halah halah.. sok wise gene.. yg bikin case jg sapa.. gue nulis hanya untuk menulis..
    toh ini juga sudah lewat screening Oom DM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: