Akhirnya gue pasang RBT

Setelah 10 tahun gue menggunakan ponsel akhirnya gue pasang RBT juga. RBT yang gue pasang bukan lagu yang sedang tenar-tenarnya dan bukan juga lagu yang sedang jadi OST sinetron di televisi. Intinya lagu ini cukup unik, yang udah, ya udah… Ucapan selamat tinggal untuk seseorang, tapi kenangannya pasti akan tetap tersimpan…

 

Well, biarpun kenangan tetap tersimpan, namun seperti kata sesepuh kura-kura di Kungfu Panda: “Masa lalu adalah sejarah, masa depan adalah misteri, saat ini adalah present (bingung mo nerjemahin apa)”. Masa lalu, emang kadang seru dan enak sih diomongin, tapi itu kan sudah berlalu kalau kata adik gue, itu kuburan. Ngapain gali-gali kuburan…

 

Tapi kalau masa lalu bangsa Indonesia, tentang G30S alias Gestok (Gerakan Satu Oktober) atau masa-masa kebangkitan bangsa. Gue sih semangat banget menelusuri, makanya setelah berhasil mengumpulkan beberapa buku yang terkait peristiwa itu, gue masih juga berburu “Memoar Oei Tjoe Tat”, eh ada yang bisa bantu ga? Atau kalau dari masa lalu itu, kita bisa ngambil hikmah menuju perubahan yang lebih baik atau untuk bahan pertimbangan di masa depan, ya sejarah itu pastilah berguna banget.

 

Namun…

Kalau memang orang punya masa lalu yang jelek, dan orang itu udah terlepas dari situ. Alias sudah membuatkan kuburan untuk masa lalunya itu, sudah merubah total hidupnya mulai dari nol lagi, apa pantas menggali lagi kuburannya. Waktu gue sempat ngomong ke adik gue, “Ya elah dik, paling nanti juga bakal balik lagi ke mantan cewenya.. kan baru sebentar putusnya.” Jawaban dia, ”Ah kakak, adik kan ga mau gali-gali kuburan lagi.”

 

See, bahkan adik gue pun lebih bijak, ketimbang salah seorang seniornya, yang terlalu iseng untuk menggali kuburan gue. Back then, 5 years ago, mungkin gue pernah melakukan kesalahan besar yang udah gue kubur 2 tahun setelahnya. Tapi tetap aja ada kuncen yang doyan untuk ngegali kuburan. Mempublikasikan isi kuburan, demi ngejegal semata. Demi ngejegal langkah orang, karir orang dan kehidupannya untuk maju.

 

Kenapa sih orang masih ada waktu buat ngusik orang lain, ngegali kuburan untuk hal yang negatif. Gue sendiri memang berencana untuk membuat buku (again) mengenai kehidupan yang lalu dari pengalaman beberapa orang teman-teman gue. Beberapa orang teman yang pernah naas mengalami pahitnya hidup di dalam tahanan. Tapi bukan untuk menjelekkan, bukan untuk memperburuk kehidupan mereka di masa depan, apalagi untuk menjegal. Melainkan untuk mencuri perhatian publik, yang seakan ga peduli terhadap kehidupan di dalam sana.

 

Tentang penjaga-penjaga yang sering mengentit oleh-oleh atau titipan besuk. Tentang fasilitas yang kurang memadai. Tentang kisah dibalik itu semua. Tuh kan gue udah terlanjur bikin bocoran… yah doakan saja, semua kisah itu bisa terkuak dalam waktu dekat.. dan tanpa merugikan satu pihak pun, yang ada demi perbaikan di masa depan. Demi kebaikan generasi muda Indonesia…

 

So, nggak perlu juga kan ngungkit masa lalu mereka. Ga perlu kan merisaukan apakah seseorang itu residivis atau bukan. Toh lebih banyak orang yang melakukan kejahatan yang lebih banyak merugikan orang lain tapi masih bebas kok berkeliaran dan tetap merugikan orang lain tanpa rasa bersalah. Mereka yang pernah di dalam sudah merasakan risiko atas kesalahan yang pernah dilakukan. Ada yang jera, ada yang jatuh lagi, semua manusiawi. Sebagai manusia sudah sewajarnya bisa memaklumi. Jika Anda bukan manusia, yah wajar saja deh kalau senang menjegal orang hasil menggali kuburan orang yang bersangkutan.. dasar burung gagak.. sekali gagak akan jadi burung gagak.. pembawa berita buruk dengan bau busuk yang menyertainya.

 

Trus apa hubungannya dengan RBT gue? Tuh bingung kan…

 

“Goodbye, all the memories with you

Will forever in my mind.

Goodbye, all the memories with you

Will forever in my dreams”

 

 

10 Responses to Akhirnya gue pasang RBT

  1. Wah… bilang aja masih cinta… bilang aja masih penasaran… Huihihihi…!!!

  2. Ade says:

    iya ,gw bingung ndah ma postingan rbt ini
    *mebaca ulang n coba mikir*

  3. hermawan says:

    emang masa lalu yang mana yah ndah yang gak pengen kita ungkit2 :blush:

    been there done that

    kamu kok pasang2 rbt buat apa? ngapain masang fitur di hanponmu yang tak bisa kamu nikmati sendiri.. tapi malah buat orang lain.

    sometime people can be so generous to somebody else.

    ———

  4. Hendro adiknya says:

    waahh.. ternyata udah di publish juga kata2 kuburannya…
    bagus kak tulisannya..

    quote: —>Waktu gue sempat ngomong ke adik gue, “Ya elah dik, paling nanti juga bakal balik lagi ke mantan cewenya.. kan baru sebentar putusnya.” Jawaban dia, ”Ah kakak, adik kan ga mau gali-gali kuburan lagi.” <—

    iya, biarin aja kuburan kakak digali2 orang, diusik usik orang.. namanya gali kuburan orang pasti dosa.. gampang aja, nanti orang itu didatengin hantunya.. hahaha..

    i’ll be the first who buy your book! ..

    c u kakaKl!

  5. Endah says:

    bener nih adik udah beli buku kakak?
    Buku kakak udah ada 2 lho yang terbit… emang adik udah beli?

  6. RBT itu singkatan dari RamBuT ?:)

    Ngemeng-ngemeng, katanya skarang banyak artis dan musisi yang lebih berharap banyak terjual konten musiknya sebagai RBT ketimbang jualan CD dan kaset karena pembajakan…

    Salam kenal🙂

  7. Endah says:

    Ring Back Tone.. uhuhuu

  8. memoar oei tjoe tat nya udah dapet mbak?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: