MTK/Nucleus, Sistem Operasi Underdog

Wah hampir 3 bulan gue absen nulis di sini. Berkat typhus, akhirnya gue malah sempat nulis lagi di sini. Setelah jenuh mengejar padatnya orderan artikel-artikel dan finishing buku keempat gue, padahal 4 buku lain sudah mengantri tapi dengan alasan pada diri sendiri bahwa gue harus mulai toleran terhadap ketahanan tubuh gue, belum juga terbersit niat untuk mulai menulis.

Beberapa minggu yang lalu, redaksi salah satu majalah mempercayakan gue untuk menulis rubrik tekno. Topiknya sih terserah, awalnya gue mencoba mengajukan mengenai Android, sistem operasi yang didevelop oleh Google. Kepiawaian Google cukup membuat banyak vendor berebut menggunakan sistem operasi ini pada ponselnya. Tapi alhasil, ternyata beberapa majalah sudah terlebih dahulu mengulasnya, termasuk majalah yang sering memuat tulisan-tulisan gue juga. Akhirnya redaksi menugaskan gue mengulas mengenai MTK, sistem operasi yang digunakan oleh ponsel-ponsel Cina. Sebenarnya nama sistem operasi ini adalah Nucleus, dan MTK adalah nama chipset yang digunakan. Memang selama ini gue udah banyak dijejali order review ponsel Cina, jadi perkiraannya gue cukup familiar dengan sistem operasi ini. Padahal di buku keempat gue, sama sekali gue nggak ngulas MTK, hanya 2 sistem operasi yang gue ulas rinci: Symbian dan Windows Mobile. Bahkan Linux, Blackberry, dan iPhone cuma dibahas sekilas.

Sejauh ini sih gue nggak tau apakah artikel mengenai MTK itu jadi dimuat atau nggak, di sini gue cuma mau sharing mengenai kehandalam MTK. Saat itu gue pinjam MyG 660 yang pake prosesor MTK6227, waktu gue pake PCSync yang umum untuk seluruh prosesor MTK, ternyata gue ga berhasil pairing. Akhirnya gue download lagi PCSync khusus untuk MTK 6227, ternyata berhasil! Menunya sih sederhana banget, bisa ngopi Phone Book dan Messages ke PC seperti layaknya Nokia PC Suite. Ada juga menu untuk ngopi gambar, musik dan MMS. Tapi yang paling gue kagum adalah kemampuan pengiriman SMS yang bisa sekaligus ke multikontak, di kantor gue coba untuk ngirim ke 200 klien sekaligus, tanpa gagal! Padahal waktu gue pake iTegno aja masih ada gagal beberapa, belum lagi kelemahan iTegno yang belum kompatibel dengan SIM Card “3”. Wuih ponsel Cina jadi terasa handal kalo dioperasikan pakai PCSync. Padahal kalau kirim langsung dari ponsel, cuma bisa ke 20 kontak sekaligus saja. Nokia PC Suite pun belum bisa mengirim pesan SMS ke beberapa kontak sekaligus.

Untuk pemindahan file bisa pakai File Manager, walaupun hal ini bisa juga dilakukan tanpa PCSync, yaitu dengan memperlakukan ponsel sebagai Mass Storage saat menghubungkan kabel dengan komputer. Iseng-iseng masih mau coba fitur lainnya, Games!!! Sebelumnya sempat gagal beberapa kali untuk menginstal Game Java di ponsel ini. Ternyata pada PCSync ada menu untuk menginstal Game juga di menu File Manager dengan cara mengklik ikon gambar Pinguin. Sayangnya walaupun sudah mencoba menginstal file format jar, ternyata masih juga gagal. Duh masih penasaran nih untuk menambahkan Game, bahkan format NES yang katanya memang ditujukan untuk ponsel Cina pun gagal. Apa gerangan ya masalahnya…

Coba browsing-browsing lagi, beberapa forum menerangkan bahwa tidak semua ponsel Cina dapat ditambahi game sendiri.. hmm mungkin juga ini alasannya, tapi tidak tahu juga sih. Sayangnya kesempatan memegang ponsel ini hanya 2 hari, jadi rasa penasaran belum dapat terobati. Adalagi delegasi dari bos untuk menangani SMS Broadcast, maunya sih pakai ponsel cina di bawah Rp 300rb. Lihat Startech ST-21 sepertinya menarik, tapi jadi sangsi setelah tanya ke penjual, katanya tidak ada port data. Hmmm kira-kira ST-21 ini pakai prosesor MTK 6227 tidak ya? Bagi yang lebih tahu, mohon masukannya…

40 Responses to MTK/Nucleus, Sistem Operasi Underdog

  1. Endah says:

    dapet kabar dari temen, katanya XL ngebundling ponsel cina murah lagi.. kali ini dengan ViTELL, ada yg tau gak yah, kira2 prosesornya apa? kalo MTK, wah waktunya berburu lagi nih…

  2. Laporan says:

    Sangat teknis, saya ngak tahu mbak.

  3. Ramanda says:

    Pak,

    Punya info ttg software Bible utk OS MTK 6227 ini ga? Saya pake MyG 818 neh.

    Awaiting 4 ur response.
    Thx much & GBU

  4. Endah says:

    Bagaimana pak? ada tanggapan?

    gila semanis ini masih dibilang pak juga uhu hu hu…

    udah bikin aja biblenya dalam bentuk txt, buka pake e-book reader, gitu aja kok repot he he he…

  5. asap says:

    jiakakkakka……..

  6. citch says:

    saya punya hp touch screen merk cotel (model 9)!fitur kamera dan bluotooth di hp saya ilang!ada yg punya softwarenya??

  7. Blajarmulu says:

    halo,
    pingin tau sistem MTK ini bisa dapatin diinternet dimana?
    Tks.

  8. Endah says:

    Di forum-forum yang banyak mengulas tentang ponsel cina biasanya banyak.
    Kebetulan saya dapat dari salah satu forum. Kalau mau, silahkan kasih alamat e-mail nanti saya kirim. Soalnya saya juga lupa dulu dapat dari mana.

    mungkin bisa juga dicoba di:
    http://www.mobile-files.com/forum/forumdisplay.php?f=16
    http://www.phones-china.com/viewthread.php?tid=5927&extra=page%3D1

  9. Noor says:

    tolong dong resepnya roti kane berikut step per step cara buatnya, terima kasih
    salam 26 Januari -2009

  10. Endah says:

    @ Noor?
    gue mau tanya, apa korelasi antara sistem operasi MTK dengan roti cane?
    kalo nyasar jangan kebangetan dong…

  11. CICELL says:

    Wah kebangetan nich @ Noor, masa sich sistem operasi MTK mau di jadikan roti cane…!!!

  12. awenk says:

    saya punya ponsel buatan cina it-mobile 8128 MTK 6227, ada yang tau cara nambahin aplikasi ataupun gamenya ngk.. email ke awenkaja@gmail.com

    makasih

  13. Endah says:

    ga semua ponsel berbasis MTK bisa ditambahi aplikasi dan game.. tergantung juga dari si tipe ponsel itu.
    Kalau pun mau tambah ada 2 macam format yang mungkin bisa ditambahkan. Bisa salah satu atau keduanya yaitu format NES dan JAVA. Selamat mencoba…

  14. iqbal says:

    mo minta tolong nie pada bro2.. smua,,, kira2 pocin merk anycool T808 bisa di upgrade biar punya browser gak ya…?
    thansk,,

  15. Endah says:

    ponsel tersebut support java nggak? kalo support bisa instal opera mini aja…

  16. syahril says:

    fren nyang baek hati. utk iphone merk CSL DS100 pake operating system apa ya…., sbb tidak ada aplikasi satupun yang menunjang untuk iphone merk ini

  17. Endah says:

    sorry gak ngerti pertanyaannya.. setau gue iphone ya pake os iphone, tapi iphone setau gue merk.. gak ada tuh seri csl ds100. paling merk cina tuh

  18. Lienuwigh says:

    Hai Semua, ada yang pernah pakai ELZIO tdk ya systemnya pakai MTK tdk ya ? kalau ya versi berapa dan bisa di upgrade tidak ya firmwarenya

  19. Pandu says:

    Hmm.. susah juga yah cari link kalau mau develop program di MTK ini.. mungkin ada masukan SDK/Development tools yang diketahui dan cara2nya? trims..

  20. checkdmin says:

    Admin or Moder!

    WARNING!
    If you will not delete this topic within 5 days – Spam will be here, I promise!

    Goot Lak! God Fak!

  21. Grace ALLEN says:

    Truly nice article you have here. It’d be just great to read a bit more concerning this theme. Thanks for sharing that data.

  22. Fatutirty says:

    whats up everyone

    Just saying hello while I read through the posts

    hopefully this is just what im looking for looks like i have a lot to read.

  23. evan says:

    ada yang tau ga cara instal ulang n97 replica

  24. car games says:

    I also wish to signal to your RSS feeds. Thank you as soon as once again and maintain up the very good do the job!

  25. ainun says:

    tolong sapa yg py aplikasi untuk iphone4 china

    • Endah says:

      Saya nggak tahu maksudnya iphone 4 china itu apa.. Mungkin ponsel Cina MTK dengan desain menyerupai iPhone 4 ya.. nggak perlu susah2, instal saja aplikasi dengan format jar. Sayangnya rata-rata ponsel Cina punya memori internal yang kecil, sebaiknya menginstal pada micro SD. Berbagai aplikasi Java dengan format jar bisa diperoleh dari getjar.com. Semoga membantu…

    • g1tcut says:

      Saya juga dapat iPhone 4 White (Copy/Duplikat) dengan CPU MTK 6235 aplikasi bawanya lumayan bagus ngak kalah sama android, cuma masalahnya belum ketemu cara install aplikasi seperti bawa anya, yang ada cuma bisa aplikasi *.jar, untuk synkron data saya pake Phonesuite v.1.2 (mengunakan pictbridge=com port)

      • Endah says:

        iPhone 4 tidak pernah ada yang menggunakan MTK, Anda ditipu..🙂
        Gimana bisa bilang nggak kalah sama Android? Sudah pernah coba Android belum?

  26. RyoTry says:

    Halo semua… ada yang bisa bantu aku… kalo hp Maxtron-MG278 unutk dijadikan kamera webcam caranya gimana? tolong pencerahannya ya…trims!

  27. nandie ajha says:

    heeeyy… semua..mohon bantuan nih.. udah ngobrak abrik internet… tapi nggk ketemu juga jawabannya..
    aku punya hp MAXTRON mg 267 .. dan nggak bisa masang theme .. semua udh q coba.. dari rar, jar, sis, thm nggk ad yg bisa..

    mohon bantuaaan..🙂

  28. Gunkz Xtm says:

    permisi…
    numpang nanya. ada java buat CROSS PD8 ga…?
    thx

  29. Saisa says:

    It is definitely a terrific and useful piece of information. I’m gratified that you just shared this useful information with us. You should stay informed like this. Appreciate you sharing.

  30. Ecky says:

    numpang tanya nih..
    aku punya hp china nexian m5890, pingin install aplikasi opera mini, game n yg lain’y… gimana cara’y yaa??

    thanks be-4

  31. Your style is very unique compared to other folks I’ve read stuff from.

    Many thanks for posting when you have the opportunity, Guess I’ll just bookmark this web site.

  32. nanda says:

    bro ane punya hp mito 622 na bro berapaya mtk dari mito 622

  33. dave says:

    numpang nanya nih,
    saya punya hp merek J8 , model iphone 4
    sistem operasi mtk, yang mau saya tanya apa bisa instal bbm ngk di hp tersebut
    invite pin saya yah bila ada respon 539a50cd
    thx

Leave a Reply

