Fenomena Ponsel Cina dan Sinetron Indonesia

Pasti pada bingung, apa hubungannya ponsel Cina dengan sinetron Indonesia? Jawabannya banyak.

Ponsel Cina yang akan membanjiri pasaran ponsel di Indonesia tahun 2008 ini begitu dipenuhi dengan berbagai merk. Ada K-Touch, MyG, D-One dan masih banyak lagi, walaupun dikemas dengan merk yang berbeda namun isi menunya hampir mirip-mirip. Fitur pun juga mirip, hampir semuanya touch screen, ada yang bisa dual sim card dan ada juga yang bisa untuk nonton TV. Memang sih konon berasal dari produsen atau pabrik yang sama nun jauh di Cina sana. Pemasok di Indonesia cukup memesan dengan label yang berbeda saja.

Lalu apa hubungannya dengan sinetron Indonesia. Lagi-lagi karena suntuk, iseng nyetel TV yang dipenuhi dengan sinetron yang tayang tiap hari. Walaupun nonton gak rutin, tapi ceritanya di situ-situ aja. Ibaratnya hari ini bikin kopi, di episode berikutnya kopinya baru diminum, ya plotnya lambat. Inti ceritanya mirip-mirip saja. Ada yang bayinya dituker waktu kecil lah, dituker antara anak orang kaya dengan anak orang miskin lah. Ada juga tentang cerita anak muda yang sebenarnya saling suka. Tapi diperlihatkan saling berantem terus dan sama-sama gengsi untuk mengakui. Mungkin maksudnya mau ngebangkitin emosi penonton biar gemes. Hasilnya.. basi banget.. kok sinetron udah beda judul, tapi isinya mirip-mirip? Ya itu tadi ada beberapa kemungkinan, produsennya alias production housenya mungkin sama, atau penulisnya sama.

Jadi persamaan sinetron Indonesia dengan ponsel Cina jelas sama.. sama-sama memiliki fitur dan menu yang mirip-mirip.. plot cerita mirip-mirip. Dan yang menakutkan adalah.. sama-sama akan membanjiri Indonesia.

So, siap-siap aja, selain hujan yang bisa membanjiri Indonesia ini, ponsel Cina dan Sinetron gak mutu pun akan siap mencuci otak pemirsa Indonesia. Televisi memang sarana pencuci otak paling jitu. Mulai dari pencekokan sinetron ga mutu, gosip murahan, membelokkan fakta dengan membuat suasana haru biru kematian koruptor nomor satu di Indonesia alias Suharto (Presiden Ke-2 Indonesia). Pencucian otak masalah kepakaran Roy Suryo, dengan menjadikan dia narasumber atau pakar telematika.

Mari kita galakkan gerakan STOP Pencucian Otak oleh televisi. Mohon penggodok acara-acara televisi mulai memilah-milah mana yang layak tayang dan berguna untuk bangsa Indonesia. Gunakan televisi sebagai sarana hal-hal yang positif, seperti merangsang rakyat untuk menegakkan hukum, menghindari hal-hal negatif seperti korupsi, kolusi, narkoba, seks bebas dan masih banyak lagi. Munafik? Terserah… toh gue masih jadi korban pencekokan hal gak mutu di TV :p

5 Responses to Fenomena Ponsel Cina dan Sinetron Indonesia

  1. anna says:

    Nebeng komen ahhh….Mumpung dapat pertamax…
    Nah, sekarang propesi yg lg in di sinetron ya Dokter ha ha ha…Malah dr. Rado udah bisa jadi spesialis bedah di umur 25 th🙂

  2. hermawan says:

    seragam ndaahh..seragamm *hiks*

    kenapa baju seragamnya dikeluarin mulu :((

  3. ardietna says:

    halah kesasar lagi di ponsel Cina.
    kabur lagi ah..sorry mbah yu

  4. Yunan Syachpora says:

    Ganyang Cina…e salah sinetron kita…gitu toh Jeng logika ne.

  5. bayu sleeper says:

    saya masih menyukain abegeh ndah…
    makanya saya masih suka liat yg bening2 di layar kaca semodel putri titian…
    wekekekekeke

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: