Rubah Format Musik di Ponsel

Perkembangan musik baik di Indonesia maupun mancanegara tentunya membuat Anda senang mengkoleksi lagu-lagu ben atau artis yang sedang populer. Bahkan nada dering pribadi untuk ponsel pun sebisa mungkin dihiasi oleh musik yang paling terbaru. Selain dari internet ataupun CD musik, tidak tertutup kemungkinan untuk saling bertukar koleksi musik dari satu ponsel ke ponsel lain. Tapi tentu saja tidak semua ponsel dapat memainkan musik dalam format yang berbeda-beda.
Jika Anda biasa mengatasi masalah perbedaan format itu dengan langkah yang panjang yaitu setelah menyimpan secara sementara pada ponsel, file lagu tersebut Anda transfer ke komputer. Dan Anda melakukan konversi dari satu format ke format lain melalui komputer, setelah itu baru dikirim kembali ke ponsel. Ribet sekali bukan?
Tapi kini pengguna Symbian S60 3rd edition tidak perlu bersusah payah lagi ketika ingin bertukar file musik dengan teman. Sebab kini dengan aplikasi buatan ZIDIAN Studio ini Anda dapat menkonversi langsung file-file audio pada ponsel Anda. Audio Cube adalah aplikasi konversi audio yang canggih, yang mendukung pengkonversian berbagai format file audio, seperti wav, aac, amr, mp3, wma, aiff dan lain-lain. Sekarang Anda dapat bermurah hati berbagi musik dengan teman-teman yang ponselnya tidak mendukung format file audio Anda.
Anda bahkan dapat mengkonversi lagu mp3 secara utuh, walaupun tidak disarankan, karena prosesnya memakan waktu lama. Anda dapat menggunakan AudioCube untuk membuat nada dering pribadi Anda, caranya cukup mudah, yaitu dengan menentukan jangka waktu yang diinginkan dari lagu favorit Anda, lalu simpan dengan format mp3 dan tetapkan sebagai nada dering. Jika Anda tidak mengerti mengenai sample rate, bitrate, channel dan lain-lain, maka cukup lakukan konversi dengan setting standar aplikasi ini.
Jika Anda ingin bereksperimen terhadap aplikasi ini, ada baiknya Anda mengenali terlebih dahulu menu-menu pada aplikai ini. Pada menu utama terdapat dua tampilan. Pertama adalah tampilan [Files] yang fungsinya menampilkan seluruh file yang memiliki format audio pada direktori tertentu. Tampilan lainnya adalah [Setting] untuk menentukan direktori hasil konversi yang dilakukan. Berikut akan dijelaskan secara rinci masing-masing sub menu yang terdapat pada tiap menu.
 Menu tampilan Files
o Browse, fungsi ini digunakan untuk menentukan isi direktori yang akan dilihat saat ini pada menu Files. Seluruh file audio yang terdapat pada direktori ini akan ditampilkan dalam bentuk daftar.
o Play, ketika Anda telah memilih salah satu file audio pada tampilan file, Anda dapat memilih menu ini untuk menyetel atau memainkannya. Ketika audio play sedang bekerja, Anda dapat melihat waktu rekam dari file audio. Hal ini berguna ketika Anda membutuhkan untuk mengektraksi potongan lagu dari suatu file audio.
o Convert, ketika Anda telah memilih file audio yang ingin Anda konversi, Anda dapat memulai konversi dengan mengikuti langkah-langkah yang ditunjukkan sistem. Proses ini meliputi beberapa langkah seperti memasukkan nama file input dan output, format output, bit rate, sample rate, channels dan waktu rekam. Ini adalah dua proses konvers. Satu adalah konversi default lainnya adalah konversi yang dapat diubah-ubah sesuai keinginan Anda.
Pada menu standar, sistem menggunakan parameter-parameter konversi yang telah ditentukan dari developer aplikasi ini pada setiap codec audio. Hal ini sangat berguna ketika Anda tidak terlalu peduli mengenai konversi secara rinci. Dengan menu yang dapat ditentukan sendiri, Anda dapat menjalankan konversi dengan setting yang lebih rumit sehingga berguna ketika Anda ingin mengubah-ubah settingan sesuai kebutuhan konversi Anda.
o Delete, digunakan untuk menghapus file audio dari ponsel, caranya: gunakan menu browse untuk melihat-lihat direktori yang menyimpan fie tersebut, pilih file, dan tekan delete, maka file tersebut akan dihapus.

 Menu tampilan Setting

Sub-sub menu yang terdapat pada tampilan ini kurang lebih sama dengan yang terdapat pada menu tampilan Files. Perbedaannya adalah ketika Anda melakukan browsing pada tampilan Setting maka sistem akan menjadikan direktori yang Anda pilih menjadi direktori untuk menyimpan file hasil konversi.

BOKS
Besar File: 1,3 MB
Harga: 20.99 dollar
Ponsel: OS Symbian S60 3rd edition
Website: http://www.my-symbian.com

Published at Phone 3, Edisi 63/1-15 Desember 2007

One Response to Rubah Format Musik di Ponsel

  1. XRumerTest says:

    Hello. And Bye.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: