MOBFINANCE

app39.jpg

Aplikasi ini ditujukan bagi investor yang senang bermain saham dengan menampilkan informasi-informasi mengenai saham, reksadana dan derivative-nya. Namun sayangnya MobFinance ini hanya dapat memantau saham-saham yang diperjual belikan di 14 bursa di Eropa (Amsterdam, Brussel, Kopenhagen, Dublin, Jerman, Lisbon, London, Madrid, Milan, OSLO, Paris, Stockholm, Swiss dan Wina) dan 2 bursa di Amerika Serikat (NYSE dan NASDAQ). Ya, siapa tahu Anda punya saham yang diperdaganakan di beberapa bursa tersebut, maka Anda kini dapat dengan mudah memantaunya. Kini Anda tidak perlu setiap saat menelpon broker untuk mencari tahu posisi investasi Anda. Investor dapat memantau seluruh portofolio saham yang dimiliki hanya dengan mengetikkan ticker saham, dan grafik yang menunjukkan pergerakan harga saham harian, mingguan, dan tahunan berikut dengan berita hari ini akan segera tampil di ponsel Anda. Grafik ini memungkinkan Anda sebagai investor untuk mengamati tren harga. Jika Anda suka menganalisa secara teknikal, tentu saja fitur ini sangat membantu Anda mengambil keputusan. Langkah-langkah penggunaan MobFinance adalah sebagai berikut:

  1. Ketika aplikasi MobFinance sudah terbuka tekan [Menu] > [Select Market], lalu pilih pasar modal yang akan dipantau, misalnya [Amsterdam], lalu tekan [Save].
  2. Masukkan ticker saham yang akan dipantau, misalnya YHOO, tekan [Menu] > [Quote]. Maka MobFinance akan menampilkan rangkuman mengenai saham Yahoo.
  3. Untuk melihat berita-berita yang berkaitan dengan saham tersebut tekan [Menu] > [Headlines], sedangkan jika ingin melihat grafik harian saham tersebut tekan [Menu] > [Daily Chart]. Selain grafik harian, Anda dapat juga memilih grafik dengan periode lain, misalnya 5 harian atau tahunan. Ketika Anda memilih menu grafik [Daily Chart], [5 Days Chart], atau [1 Year Chart] maka grafik yang berkaitan akan segera terkirim pada layar ponsel Anda.
  4. Setelah memantau dan menemukan grafik yang menarik untuk diamati dalam keadaan offline, data tersebut dapat disimpan terlebih dahulu pada ponsel Anda, tekan [Menu] > [Save].

Bagi Anda yang belajar teknik berinvestasi tentu tahu semboyan Don’t put your eggs in one basket hal ini berlaku dalam dunia ekonomi agar Anda tidak mempertaruhkan seluruh nilai investasi Anda hanya pada satu instrumen. Sebab jika instrumen tersebut merugi Anda harus menanggung risikonya, maka dari itu pembuatan portofolio sangatlah penting, hal ini ditujukan untuk menyebar risiko.Tentu saja aplikasi MobFinance juga akan mengakomodir kebutuhan pembuatan portofolio tersebut bagi investor. Anda dapat menentukan sendiri portofolio saham yang Anda miliki, sehingga grafik yang tampil sudah merupakan pergerakan harga saham portofolio Anda. Data-data yang tampil dapat Anda simpan sehingga dapat diamati dan dianalisa kembali ketika Anda sedang offline. Langkah-langkah untuk membuat portofolio adalah sebagai berikut:

  1. Dari Menu utama tekan [Menu] > [My Portfolios], lalu masukkan ticker saham yang menjadi portofolio Anda, misalnya YHOO, GOOG, TLK, IIT, dan INTC. Saham PT. Telekomunikasi Indonesia dan PT. Indosat selain terdaftar di Bursa Efek Jakarta, juga terdaftar dalam bursa saham New York (NYSE – New York Stock Exchange), dengan kode ticker TLK untuk Telkom dan IIT untuk Indosat.
  2. Setelah memasukkan beberapa ticker saham portfolio Anda maka saham-saham tersebut akan tampil pada layar Portfolios List Anda. Jika Anda menekan tombol [Menu] maka Anda dapat memilih apakah Anda ingin melihat rincian dari saham-saham tersebut [Detail], meng-update salah satu saham tersebut [Update], atau secara meng-update seluruh saham tersebut sekaligus [Update All]. Selain itu Anda juga dapat menambah saham pada daftar portofolio [Add] atau malah menghapus saham dari portofolio Anda [Delete].

Aplikasi ini tersedia dalam 5 bahasa untuk memenuhi kebutuhan investor multinasional, yaitu Inggris, Perancis, Italia, Jeman, dan Spanyol.    

Jadi bagi Anda yang tidak hanya berinvestasi di BEI namun sudah merambah perdagangan saham mancanegara, aplikasi ini sangat sesuai untuk Anda, karena dapat diakses kapan saja di mana saja. Mungkin ada baiknya jika BEI membuat aplikasi semacam ini bagi investor yang hanya bermain saham di Indonesia. 

SPESIFIKASI

Developer: imoblife

Publisher:  http://www.imoblife.com, www.my-symbian.com, www.getjar.com, www.download.com

Size: 458 KBFormat file: jarPlatform: Symbian S60 3ed, Symbian S80

Price: $22.85

Published at T&t Oktober 2007

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: