Berkelana Irit Dengan Wifi

Sudah bukan rahasia lagi banyak orang memilih bekerja sambil kongkow di cafe, mereka ini biasanya mengandalkan laptop mereka untuk on-line menggunakan fasilitas hotspot via WiFi yang tersedia pada cafe tersebut. Di Indonesia sendiri sudah sangat banyak tempat yang menyediakan fasilitas koneksi nirkabel melalui WiFi ini. Hampir seluruh mal di Bandung sudah menyediakan fasilitas ini secara gratis, di Jakarta sendiri sebagai tempat yang mempelopori tersedianya fasilitas WiFi tidak semua Hotspot tersedia secara gratis.

 

Kini hampir semua kampus sudah menyediakan fasilitas internet via WiFi bagi mahasiswanya. Namun untuk membatasi agar tidak dimanfaatkan oleh orang-orang eksternal, pihak kampus biasanya memberikan user dan password khusus bagi para mahasiswanya. Kampus-kampus yang sudah menyediakan fasilitas ini antara lain adalah Prasetiya Mulya, Universitas Indonesia dan Mercu Buana.

 

Di Jakarta sebenarnya banyak mal yang menyediakan fasilitas WiFi, namun tidak semua memberikan layanan ini secara cuma-cuma. Di Plaza Senayan, fasilitas ini didukung oleh CBN, sehingga pelanggan CBN dapat langsung menggunakan koneksi tersebut cukup dengan memasukkan user dan password. Sedangkan di Cilandak Town Square (CITOS) dan Setiabudi Building Anda dapat memilih antara menggunakan CBN atau Indosat M2.

 

Selain kedua Internet Service Provider (ISP) tersebut, juga ada beberapa tempat di CITOS yang menyediakan fasilitas WiFi, misalnya Amadeus, Coffee Bean dan Bristo. Jika ingin berselancar internet gratis tanpa neko-neko, jaringan WiFi yang disediakan oleh Bristo tidak mengarahkan Anda untuk memasukkan user dan password. Penyedia WiFi gratis di hampir seluruh sudut mal adalah Plaza Semanggi, namun jika Anda bukan tipe penyabar mungkin akan stress duluan menghadapi lambannya koneksi yang tersedia di Foodcourt, jika ingin yang sedikit lebih cepat lebih baik masuk ke cafe-cafe yang juga menyediakan WiFi gratis di Plaza Semanggi tersebut, atau jika ingin yang sedikit pakai modal, Anda juga dapat melakukan koneksi menggunakan CBN di lantai dasar dari Starbucks.         Menggunakan WiFi dari laptop sudah jadi pemandangan yang biasa, namun bagi Anda yang sangat mobile mungkin agak repot kalau harus membawa-bawa laptop jika hanya ingin browsing atau chatting, apalagi jika hanya untuk membuka e-mail. Untungnya sekarang sudah banyak ponsel yang dilengkapi dengan fitur WiFi, sehingga pengguna ponsel tersebut pun sudah dapat mencicipi fasilitas yang kian menjamur di mal-mal ini. Tidak hanya sekedar e-mail atau chatting, dengan adanya software aplikasi seperti mig33 atau skype, Anda juga dapat telepon murah ke luar negeri menggunakan fasilitas VoIP.

 

Untuk mengecek terlebih keberadaan WiFi dari ponsel Nokia Anda, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1.      Dari menu utama pilih folder Connect. Tekan [Menu] > [Connect] > [Conn. mgr].

2.      Maka pada layar akan muncul nama-nama jaringan yang tersedia, untuk melihat spesifikasi jaringan tersebut tekan [Options] > [Reload].

Agar pada saat membuka browser di ponsel Anda tidak otomatis terhubung ke internet melalui GPRS atau 3G, maka yang perlu Anda lakukan adalah mengubah settingan browser Anda. Buka browser standar ponsel Anda, misalnya Web pada Nokia, lalu dari Setting ubah pilihan Acces Point menjadi Always Ask. Tekan [Web] > [Options] > [Settings] > [Access point] > [Always Ask]. Kini setiap kali Anda akan membuka internet melalui browser, secara otomatis Anda akan ditanya koneksi apa yang akan dipilih.

Langkah-langkah menggunakan internet di ponsel Anda via WiFi adalah sebaga berikut:

1.   Buka browser atau messenger atau aplikasi apapun yang membutuhkan koneksi internet pada ponsel Anda.

2.   Jika Anda ingin browsing internet, tekan alamat website yang dituju, lalu tekan [Go to] > [Yes] > [Search for WLAN].

3.   Maka akan tampil beberapa jaringan WiFi yang tersedia, pilih salah satu lalu tekan [Select].

4.   Untuk jaringan yang tidak memberikan layanan secara gratis, maka Anda akan diarahkan ke halaman login yang meminta Anda memasukkan user dan password. Namun untuk layanan WiFi yang gratis maka browser Anda akan langsung diarahkan pada alamat website yang Anda tuju.

5.   Ada juga layanan WiFi gratis yang meminta Anda melakukan login terlebih dahulu, contohnya di Plaza Semanggi.

                                       

Sebenarnya ada banyak pilihan untuk nge-net lewat ponsel, selain browser standar ponsel Anda, tersedia Opera yang merupakan freeware. Untuk Chatting, Yahoo! sendiri menyediakan fasilitas Yahoo! Go, yang memudahkan Anda menggunakan layanan-layanan yang disediakan Yahoo termasuk Messenger. Namun ada pula aplikasi messenger pihak ketiga yang dapat digunakan untuk Instant Messenger seperti Yahoo Messenger, MSN Messenger, ICQ dan lain-lain, aplikasi-aplikasi tersebut antara lain mig33, Agile, Reporo dan Bluepulse.

 

Dengan aplikasi mig33, Anda dapat juga menggunakan fasilitas VoIP, caranya adalah setelah membuka aplikasi mig33 dan login menggunakan user yang sudah Anda daftarkan sebelumnya, tekan [Menu] > [Make Call], masukkan nomor telepon yang dituju, tekan [Options] > [Call] > [Yes]. Maka telepon akan tersambung, begitu mudah dan murah.

 

Published at Phone 3, Edisi 54/15-31 Juli 2007

5 Responses to Berkelana Irit Dengan Wifi

  1. halim_marni says:

    info nya ngebantu banget … ^_^
    thank’s…..

  2. Dedy Lay says:

    Hi… Bagus juga rubriknya semoga bermanfaat bagi qta semua..!! Ada yang ingin saya tanyakan mengenai Laptop Portege Toshiba punyaku tidak punya wlan tapi saya sudah mencoba ngenet pake modem gsm dengan berbagai operator gsm yang ada di Indonesia, cari yang murah maklum anak kost dan bisa cuma masalahnya tetap aja mahal.. Jadi bisa gak notebook yang gak punya wlan di sambungkan ke hp nokia seperti N 81 yang punya wlan dan work it out?? thank’s

  3. Endah says:

    menurut saya sih, solusi terbaik mending pasang saja pcmcia wlan…
    lebih murah, paling cuma sekitar 200rb ketimbang jadiin nokianya sbg modem wlan
    sayang aja.. lifetimenya cepet berkurang.

    setau saya ada sih aplikasi tambahan yg bisa diinstal ke nokia.. cuma ya itu tadi, sayang aja.. mending pake pcmcia w-lan.

  4. rama says:

    saya pengen menggunakan wifi, tapi gak bisa. jaringannya sih ada tapi setiap connect selalu gagal. kenapa yah

    • Endah says:

      cek terlebih dahulu apakah jaringan wifi tersebut disediakan secara gratis atau tidak, ada juga yang gratis tapi perlu login atau harus memasukkan WEP key. Sebaiknya ditanyakan terlebih dahulu ke tempat yang menyediakan hotspot tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: