Donor Darah

Donor Darah

Setelah beberapa kali gue ditolak PMI untuk ikutan donor darah, akhirnya Jumat kemarin gue lolos juga untuk ikut donor darah. Beberapa penyebab gue ditolak di antaranya adalah karena tekanan darah gue memang tergolong sangat rendah dibandingkan tekanan darah normal pada umumnya. Dan ada juga penyebab lain gue ditolak, yaitu karena ada kesalahan pertanyaan pada isian formulir donor darah tersebut. Ada tiga macam pilihan jawaban pertanyaan tersebut, yaitu: Ya, Tidak dan Tidak Tahu.

Pertanyaan-pertanyaan tersebut adalah:

1. Sehat pada hari ini
2. Sedang minum obat-obatan (aspirin, antibiotik) dalam 1 minggu terakhir
3. Memiliki riwayat penyakit:
– Kuning/Hepatitis
– Sifilis
– Malaria
– Gangguan Darah (hemofilia)
– Jantung (jantung koroner, gagal jantung)
– TBC
– Alergi
– Sesak Nafas (asma)
– Kencing Manis / Diabetes
– Ginjal
4. Sering pingsan/kejang-kejang
5. Dalam 12 bulan terakhir mendapatkan:
– Operasi
– Transfusi Darah
– Vaksinasi
6. Pernah menggunakan narkoba atau memakai jarum suntik secara bergantian
7. Pernah berganti-ganti pasangan tanpa alat pengaman (kondom)
8. Memiliki anggota keluarga dengan riwayat penyakit kuning (hepatitis)
9. Bagi wanita: sedang hamil/menstruasi

Mungkin Anda tidak merasakan ada yang aneh dari pertanyaan-pertanyaan tersebut, tapi ketika gue menjawab Ya pada pertanyaan no. 7. Secara otomatis gue ga lolos ikutan donor. Bagi gue pertanyaan tersebut cukup aneh, sebab selama gue di UI gue sering ganti-ganti pasangan main gaple atau main bridge, dan gue emang sering ganti-ganti pasangan main kartu tanpa harus pake kondom. Dan sewaktu gue kerja di RCTI kebiasaan main gaple pasangan terus gue lakukan tanpa pake kondom. Dan pada akhirnya gue ngelanjutin S2 di Prasetiya Mulya, sebagai refreshing para mahasiswa sering main ping pong pasangan. Tapi karena cuma ada satu meja yang tersedia, biasanya kami main secara berganti-ganti pasangan, dan selama ganti-ganti pasangan main ping pong itu, kami juga ga make kondom. Lagian mau ditaro mana tuh kondom, buat bungkus bet?

Kali ini gue lolos jadi pendonor darah, tapi gue merasa berbohong dengan menjawab Tidak pada pertanyaan no. 7 tersebut, sebab pada kenyataannya gue emang sering ganti-ganti pasangan main kartu atau ping pong tanpa pake kondom… Mungkin sebaiknya dalam membuat pertanyaan di formulir, PMI bisa lebih spesifik… pasangan apa nih… ga mungkin kan main kartu atau ping pong make kondom he he he…

5 Responses to Donor Darah

  1. Wahyu Kelik says:

    Saya pendonor darah “setia” (paling gak pernah dapat pin penghargaan), hingga dinyatakan kena hepatitis A beberapa tahun yang lalu. Sedih rasanya gak bisa donor darah lagi. Walau sudah tidak kambuh lagi hepatitisnya. Tapi paling nggak saya pernah merasakan donor darah di 5 negara, sebelum akhirnya harus “pensiun” ihiks

    Hati-hati untuk tekanan darah rendah. Donor darah katanya bisa menyebabkan pusing agak berkepanjangan.

    Tentang nomor 7, di bahasa Inggris juga cuman tertulis “partner”. Juga dalam bahasa Melayu dan Jepang, tidak mencantumkan secara spesifik tentang berganti partner dalam hal apaan.

  2. I am alive says:

    saya menampung darah2 reject kok. saya butuh buat memuaskan dahaga, huahaha

  3. Suzie says:

    Set dah si neng Endah, lugu amat yak.. Ntu kondom maksudnya buat ngelindungin gagang bet ping pong, biar loe kaga kena bakteri bekas orang2 laen pas loe pegang tu bet. Eh, tapi malah jadi licin yak, yang ada loe bakal kalah mulu dah pas maen ping pong, he he..

  4. kangmas bayu montok says:

    dasat gokil…. :p

  5. bidanku says:

    yang jelas donor darah membuat kita sehat karena sel2 darah kita tergantikan dengan yang baru…🙂
    Tapi lucu juga penulis… “sering gonta ganti pasangan” ternyata pasangan main…. :))

Leave a Reply

