The Departed

Film ini tentang seorang mafia (Frank Costello) yang udah ngerekrut orang dari kecil untuk dijadiin mata-mata di kepolisian. Waktu anak ini(Collin Sullivan) udah lulus dari sekolah kepolisian dia ditempatkan di bagian penyidikan yang ditugaskan untuk menyelidiki kasus Costello.

Tapi dari sisi kepolisian sendiri bukan tidak tahu menahu mengenai hal tersebut, untuk mengetahui siapa informan Costello maka mereka juga menempatkan orang (William Costigan Jr.) untuk menyusup pada gank Costello tersebut.

Ceritanya cukup menarik karena di awal mereka sama-sama mencari tahu siapa si informan di kepolisian dan siapa informan di mafia. Posisi Sullivan jauh lebih baik dari Costigan, karena Costigan benar-benar seperti orang yang kehilangan identitas. Hanya dua polisi yang mengetahui keadaan mengenai diri dia sebenarnya yaitu Queenan dan Digham, di luar itu dia seperti tidak punya kehidupan sendiri. Kebayang kan, gimana rasanya ga punye kehidupan sosial, ga punya temen ga tau mau cerita ke siapa. Dia cuma dekat sama satu cewe yang ternyata calon istri Sullivan, tapi sama cewe itu pun dia ga cerita apa-apa.

Ketika Sullivan ngejebak Queenan, posisi Costigan makin terancam. Di saat-saat itulah akhirnya Sullivan berhasil memperdaya Costigan sehingga keberadaan Costigan berhasil dia ketahui. Namun justru ketika di ruangan Sullivan, Costigan mengetahui kedok Sullivan.

Begitu Sullivan tahu bahwa rahasia dia diketahui Costigan, maka identitas Costigan benar-benar dihapus dari sistem. Hiks sedih banget rasanya kalo ada di posisi Costigan, benar-benar manusia yang ga punya pegangan apa-apa.

Kebayang ngga sih kalo hidup lo didelete gitu aja dari sistem, lo ga punya temen ga ada lagi orang yang bisa lo ajak ngobrol enak diskusi macem-macem… Tapi asli film ini keren banget.

Cast:
Collin Sullivan : Matt Damon
William Costigan Jr: Leonardo Dicaprio
Frank Costello : Jack Nicholson
Queenan : Martin Sheen
Digham : Mark Wahlberg

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: