Babel

Ini film yang bener-bener sangat gue rekomen buat ditonton.

Bener-bener mencampuradukkan latar cerita dari berbagai kultur, berbagai karakter, yang pada awalnya kita mungkin belum bisa membayangkan interkoneksinya sampai pada akhirnya ternyata bagian-bagian dari film ini terkait satu sama lain dengan alur yang maju mundur.

Di Maroko, dua orang bocah ingusan yang salah satunya digambarkan suka mengintip sodara perempuannya sendiri untuk kemudian melakukan masturbasi, bermain senapan yang baru saja dibeli oleh sang ayah. Dengan niat mengetes jangkauan senapan tersebut, kedua bocah tadi menembakkan senapan tesebut ke arah bus turis. Hingga menyebabkan salah seorang turis yang sedang menghadapi krisis dengan pasangannya sekarat. Disitulah terlihat cinta mereka teruji. Muatan politis pada sisi ini adalah, ketika terjadi korban, aparat lebih memilih untuk melacak pelaku ketimbang menolong orang yang dalam keadaan darurat.

Di Jepang, seorang cewe abg tuna rungu menjadi seorang pemberontak dan ingin mencoba berbagai hal dalam rangka mencari jati diri. Gadis ini berusaha mendapatkan pengalaman seksual dengan siapa pun, namun tidak ada yang mau menyentuhnya. Dia ini korban dari kurang perhatian, dan dia juga saksi mata ketika ibunya bunuh diri.

Di Amerika, seorang pembantu asal Mexico yang mengasuh 2 anak majikannya terpaksa membawa kedua anak majikannya ke Mexico untuk menghadiri pernikahan anaknya, karena sang majikan tidak memberinya ijin libur dengan alasan darurat. Si pembantu akhirnya bermasalah ketika hendak membawa kedua anak tersebut kembali ke Amerika. Ketika dia berhasil kembali ke Amerika, dia tidak diijinkan menemui kedua anak itu kembali karena dicurigai telah memasuki Amerika secara ilegal di awal.

Kondisi-kondisi kritis yang dialami mereka ternyata berhasil membuat gue terharu dan sedih sampe menitikkan air mata.

Alurnya bagus banget, pesennya bagus banget…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: