300

Nih film keren banget, maaf ya Toer, gue ga jadi nonton bareng elu. Tapi gue tonton malem itu juga begitu lo ngasih tau film yang bagus. maklum jarak rumah gue ke 21 bisa gue tempuh dengan jalan kaki.

Film ini cukup membuat gue tergugah untuk belajar sejarah Yunani dan Romawi saking kerennya. Gimana tangguhnya Raja Leonidas memimpin pasukan yang cuma berjumlah 300 orang untuk ngelawan Persia yang jumlahnya jutaan.

Diawali dari masa kecil Leonidas yang dilepas di pegunungan salju dan harus menghadapi serigala. Begitu balik ke tanah airnya dia langsung dijadikan Raja.

Tapi satu hal yang perlu kita ingat, jangan pernah berusaha belajar sejarah berdasarkan film Hollywood yang tentu aja terlalu dihiperbolakan. Film ini hanya bersifat penghibur belaka. Soalnya dalam sejarah pakaian perang 300 pasukan Sparta ini benar-benar baju besi yang dijamin melindungi dengan baik. Dan tidak cuma 300 orang yang dibawa oleh Raja Leonidas, tapi ada ribuan pengiring yang membawakan peralatan, yah semacam pembantu umum gitu deh.

Selain itu, tokoh Xerxes yang digambarkan kek jin di pelem indonesa jaman dulu… hueh, jangan bayangin kek gitu deh. Sumpah beda banget sama Xerxes yang asli, Xerxes yang asli adalah manusia biasa jaman dulu yang konvensional pake jenggot dan rambut gondrong ikal.

Tapi secara grafis emang film ini bagus banget. Kabarnya tempat yang benar-benar nyata dalam pembuatan film ini cuma satu. Sisanya efek semata. Jadi shootingnya di ruang blue screen gitu deh.

Nasihat Leonidas waktu ninggalin permaisurinya adalah, orang Sparta itu ga boleh cengeng sama perpisahan. Seorang Sparta harus tegar dalam berbagai kondisi. Cowo paling keren dalam film ini adalah anak komandan pasukannya si Leonidas. Sayangnya dia mati kepenggal. Hiks si cowo ganteng ini mati kepenggal tepat setelah si Bapak muji dia.. hu hu hu sedih…

Di film ini juga ada penghianat yang udah sempat nodai permaisuri Leonidas, gue suka juga sama perjuangan si permaisuri.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: