Fitur Andalan PDA Phone

Fitur-Fitur Andalan PDA Phone Setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, tentu saja hal ini mempengaruhi spesifikasi PDA Phone apa yang sesuai bagi Anda. Beberapa fitur handal PDA Phone yang dapat menjadi pilihan antara lain adalah:

GPS

PDA Phone ini dapat berfungsi sebagai alat navigasi, baik menggunakan antena eksternal GPS atau tidak. Jika menggunakan antena eksternal GPS cukup tempelkan saja antena eksternal pada bodi kendaraan, konek ke PDA Phone, buka aplikasi GPS (misalnya MapKing) posisi Anda langsung muncul pada peta. Jika ingin berpergian, tinggal masukkan tujuan maka secara otomatis, aplikasi akan me-routing jalan ke tempat tujuan.

FM Radio

Beberapa PDA Phone memiliki fitur radio, yang penggunaannya harus menggunakan headset kabel sebagai antena FM. Fitur ini dapat menyimpan puluhan kanal radio FM, bahkan Anda dapat merekam siaran radio. Jadi jika ada radio yang menyiarkan konser yang tidak sempat Anda datangi, Anda malah dapat mendokumentasikan langsung menggunakan ponsel.

Bluetooth

Dengan teknologi nirkabel A2DP yang dihadirkan oleh Bluetooth versi 2.0 memungkinkan PDA Phone Anda kompatibel dengan berbagai merek headset Bluetooth. Hal ini tentu saja menunjang tren mendengarkan musik dengan stereo headset. Selain headset, bluetooth juga dapat digunakan untuk pairing dengan GPS eksternal, keyboard eksternal dan masih banyak lagi. Tanpa melupakan fungsi standar Bluetooth yaitu sebagai alat untuk interaksi dengan koputer atau ponsel lain dalam sinkronisasi data ataupun mengirim data.

Infrared

Fungsi infrared ini adalah untuk komunikasi data, antara sesama ponsel atau untuk sinkronisasi ke komputer melalui ActiveSync. Selain itu PDA Phone Anda dapat juga dipasangi aplikasi sehingga infrared ini dapat berfungsi sebagai remote control.

WiFi

Maraknya hotspot diberbagai pusat perbelanjaan di kota-kota besar dan di kampus-kampus, membuat WiFi menjadi fitur wajib untuk ponsel Anda. Hanya dengan beberapa langkah mudah, Anda sudah dapat memanfaatkan ISP yang disediakan oleh tempat tersebut. Jika Anda senang nongkrong di cafe, cukup merogoh kocek beberapa ribu rupiah Anda sudah dapat browsing sepuasnya. Kalau ISP tersebut tidak gratis pun, cukup membeli voucher yang disediakan di tempat tersebut, Anda akan mendapatkan login.

Kamera dan Video

Walaupun kualitas kamera untuk PDA Phone belum bisa disamakan dengan kamera mini DV, namun beberapa orang menjadikan kamera sebagai fitur pilihan PDA Phonenya. Untuk PDA Phone versi lama, hanya mensuport format file foto dan video tertentu saja. Namun untuk PDA Phone keluaran baru semakin ditunjang oleh berbagai jenis format file tergantung kebutuhan. Misalnya format bagi moving video adalah MP4 dan 3GP. Untuk memilih format, Anda tinggal menekan panah ke kiri atau kanan icon gambar kamera pada pojok kiri atas, setelah masuk menu kamera.

Musik dan Video Player

Layaknya PDA Phone yang menggunakan Windows Mobile 5.0 sebagai sistem operasinya, maka di dalamnya sudah terinstal aplikasi standar untuk menyetel musik dan video yaitu Windows Media Player 10 Mobile. File-file yang dapat diputar menggunakan aplikasi ini adalah MP3, AAC, MP4, WMV dan H.264.

TV Tunner

Beberapa PDA Phone memiliki build in TV Tunner, keuntungan fitur ini adalah dapat menangkap sinyal televisi bukan melalui kanal data. Sehingga Anda dapat menikmati tayangan televisi tanpa harus berlangganan televisi dari operator tertentu, alias gratis seperti halnya menikmati layanan radio FM.

Slot Memori Eksternal

Rasanya PDA Phone belum lengkap jika tidak memiliki eksternal memori, sebab tentunya Anda ingin bereksperimen menginstal berbagai aplikasi yang dapat mendukung kegiatan sehari-hari. Belum lagi jika ingin menyimpan data-data berukuran besar, termasuk hasil foto yang memiliki resolusi tinggi. Pilihan memori eksternal bermacam-macam, ada yang berupa MMC, SD card, mini SD bahkan sekarang micro SD juga sudah umum digunakan.

Slot I/O

Dahulu banyak orang tidak dapat membedakan fitur slot SD card untuk memori atau untuk I/O. Mereka bingung ketika memasang SD WiFi pada PDA Phone, tetapi tidak dapat digunakan. Hal ini kemungkinan disebabkan slot tersebut memang untuk SD, namun khusus untuk memori SD bukan SD I/O. Fitur slot SD I/O ini sangat berguna untuk PDA yang belum memiliki fitur yang lengkap, sehingga dapat ditambahkan SD I/O secara terpisah. SD I/O ini dapat berupa SD I/O bluetooth, SD I/O WiFi, SD I/O TV Tunner dan masih banyak lagi.

3G

Berbeda dengan ponsel yang kini sudah banyak memiliki fitur 3G, beberapa PDA Phone keluaran baru ternyata masih belum menggunakan fitur ini, bahkan yang sudah sarat akan fitur canggih dan mahal. Maka dari itu sebelum terjebak membeli PDA Phone canggih, pilah dulu fitur yang dibutuhkan. Jika 3G yang Anda cari, pastikan betul-betul apakah PDA Phone yang Anda incar memang sudah 3G.

Quadband GSM

Fitur ini mungkin tidak terlalu penting bagi pengguna PDA Phone yang jarang berpergian ke luar negeri. Namun jangan salah, tidak semua PDA Phone sesuai dengan jaringan frekuensi yang ada di luar negeri. Dengan jaringan Quadband GSM, PDA Phone Anda dapat menyesuaikan dengan jaringan frekuensi GSM manapun di seluruh dunia.

Mini USB

Fitur ini biasanya digunakan untuk transfer data melalui kabel. Salah satu media komunikasi ActiveSync adalah komunikasi dengan kabel USB.

Keyboard QWERTY

Bagi pengguna PDA Phone yang biasa menulis menggunakan stylus dengan memanfaatkan letter recognizer tentu fitur ini tidak terlalu penting. Namun lain halnya dengan orang yang terlalu bergantung pada keyboard ketika menulis. Maka dari itulah, pilihan PDA Phone tidak dapat seragam untuk setiap orang, karena tergantung pada karakter dan kepribadian masing-masing, dan tentu saja sesuai kebutuhannya sehari-hari.

Published at Forsel #03 Februari 2007

2 Responses to Fitur Andalan PDA Phone

  1. Perwira Aria says:

    dua fitur yang ga ad di PDA gw hanya TV dan Radio FM karena emg ga butuh 2 fitur itu,
    HTC tytn is Best!!!

  2. indah says:

    hp sy icherry c79….Mau nanya klo dowload fb kok smua formt gk bs yh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: