Bongkar Menu Standar Windows Mobile

Pemakaian PDA Phone di Indonesia kini makin marak, Microsoft pun menunjukkan kepiawaiannya dalam membuat sistem operasi pada kategori PDA Phone. Banyak vendor-vendor PDA atau PDA Phone yang sudah berbasiskan Windows Mobile, di antaranya adalah O2 XDA, HP Ipaq, Dopod, dan Motorola. Bahkan kini Palm Treo menggunakan sistem operasi Windows Mobile.

Bagi Anda yang sudah biasa menggunakan PDA Pocket PC, tentu sudah tidak asing dengan Windows Mobile. Namun lain hal jika Anda sebelumnya menggunakan ponsel tanpa sistem operasi yang hanya menggunakan firmware. Tidak perlu khawatir, berikut ini akan dijelaskan hal-hal dasar yang perlu diketahui jika ingin menggunakan Microsoft pada PDA Anda.

 SETTING

Pada menu Setting ini ada 3 kategori, yaitu Personal, System dan Connections. Tentu saja kami tidak akan membahas semuanya secara rinci, namun hal-hal wajib yang perlu Anda ketahui saja pada tiap kategori ini. Untuk mengakses menu ini, tekan [Start], [Setting].

 

Personal (FOTO D27.BMP)

  1. Buttons, menu ini digunakan untuk membuat shortcut aplikasi-aplikasi yang ingin Anda akses lebih cepat tanpa harus melalu langkah-langkah yang panjang pada menu.
  2. Lock, menu ini digunakan jika Anda tidak ingin PDA Phone Anda diotak-atik orang lain ketika tergeletak begitu saja. Tapi hati-hati, jangan sampai Anda lupa password Anda sendiri.
  3. Menu, semua orang tentunya memiliki selera yang berbeda dan ingin mempersonalisasi Start up menu.
  4. Owner Information, ini adalah setting paling penting. Sebab beberapa aplikasi hanya dapat diinstal jika nama pemiliknya sudah diisi. Selain itu, jika PDA Phone Anda tertinggal, tentunya akan mempermudah orang yang menemukan untuk mengembalikan PDA Phone Anda.
  5. Today, menu ini digunakan untuk menentukan wallpaper PDA Phone, dan menampilan menu-menu pada desktop PDA Phone Anda.

 System (FOTO D28.BMP dan D29.BMP)

  1. Clock & Alarms, tentunya menu ini merupakan menu yang wajib Anda setting pertama kali, agar Anda tidak salah membuat jadwal, dan tentu saja Anda dapat menyetel Alarm pada menu ini.
  2. Device Information, menu ini digunakan untuk melihat informasi PDA Phone Anda, pastikan versi ROM Anda selalu update. Jika belum, Anda dapat melakukan update BIOS dengan mendownload dari website PDA Phone Anda.
  3. Memory, jika aplikasi-aplikasi yang Anda jalankan terlalu berat dan lama, ada kemungkinan terlalu banyak aplikasi yang Anda buka. Untuk mengecek dan sekaligus menutup aplikasi yang tidak Anda pakai lagi, Anda dapat menggunakan menu ini. Caranya tekan tab [Running Program], tekan aplikasi yang akan Anda tutup, tekan [Stop]. Atau jika Anda ingin menutup semuanya, cukup tekan [Stop All]
  4. Regional Setting, pada menu ini Anda dapat menentukan standar penulisan angka, mata uang, format jam dan tanggal.
  5. Remove Program, menu ini digunakan untuk uninstal aplikasi atau game.
  6. Screen, menu ini digunakan untuk mengubah tampilan layar dari Portrait menjadi Lanscape atau sebaliknya. Selain itu menu ini juga digunakan untuk mengkalibrasi layar PDA dan menentukan ukuran tampilan huruf.

 Connection (FOTO D30.BMP)

  1. Beam, menu ini digunakan untuk mengaktifkan infrared.
  2. Bluetooth, menu ini digunakan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan bluetooth.
  3. Comm Manager, menu ini digunakan untuk mengendalikan seluruh jenis koneksi, baik itu telepon, bluetooth, wifi, memilih suara atau vibrate, dan mengaktifkan ActiveSync.
  4. Wireless LAN, menu ini digunakan untuk mengaktifkan WiFi.
  5. WiFi, menu ini digunakan untuk memilih jaringan WiFi yang akan digunakan.

 APLIKASI-APLIKASI STANDAR

  1. ActiveSync, aplikasi ini digunakan untuk sinkronisasi PDA Phone dengan komputer Anda, menginstal aplikasi atau game dari komputer, dan untuk mengelola data PDA Phone dari komputer. (FOTO D31.BMP)
  2. Contacts, aplikasi ini digunakan untuk menyimpan daftar kontak Anda, jika Anda melakukan sinkronisasi dengan komputer, kontak ini akan tersinkronisasi dengan kontak pada Microsoft Outlook Anda. (FOTO D32.BMP)
  3. Calendar, aplikasi ini dapat Anda gunakan sebagai agenda Anda, isi jadwal yang sudah disusun juga akan disinkronisasi ke Micrososft Outlook jika Anda melakukan sinkronisasi dengan ActiveSync. (FOTO D33.BMP)
  4. Calculator, Anda dapat menggunakan perhitungan sederhana menggunakan aplikasi ini. (FOTO D34.BMP)
  5. Adobe Reader, seperti halnya Adobe Reader pada komputer, aplikasi ini digunakan untuk membuka file-file pdf. (FOTO D35.BMP)
  6. Excel Mobile, aplikasi ini mirip aplikasi Microsoft Excel pada komputer. Format file ini adalah PXL, namun dapat juga membuka format XLS. Setting ActiveSync Anda agar otomatis mengonversi PXL menjadi XLS ketika mengopi file dari PDA Phone ke komputer dan sebaliknya. (FOTO D36.BMP)
  7. Word Mobile, aplikasi ini mirip Microsoft Word pada komputer. Anda dapat mengetik dan mengedit dokumen dari Word Mobile. (FOTO D37.BMP)

Published at Forsel #03 Februari 2007 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: