Denias

Ngeliat nama Marcella Zalianty yang mengingatkan gue ma Parmi (Paramitha Rusady), aktris jadul yang sok serius tampangnya. Gue buru-buru ngejar Gentur untuk ngebatalin beli tiket film Denias. Bagi gue Marcella Zalianty itu jaminan film jayus, liat aja Brownies yang gue tonton Cuma buat ngeliatin Bucek Depp.

Setelah nonton Denias, film arahan Ari Sihasale yang penuh iklan dari salah satu perusahaan consumer goods di Indonesia, rasanya memang film ini cuma ada satu cela, kenapa mesti pake Marcellaaaaaaaaaaa??? Seandainya tokoh itu diperanin Dina Olivia pasti rada mendingan deh. Sama aja kaya’ film Realita Cinta dan Rock N Roll yang menurut gue bagus banget, sayang ada Sandy Harun yang bikin jadi rusak.

Anyway… Denias bagus banget, mungkin karena gue salah satu penggemar film yang based on truth story. Cerita di awali dengan penggambaran masyarakat Papua yang masih tinggal di rumah adatnya. Mungkin juga karena pengambilan gambar alam Papua yang begitu disorot keindahannya. Cerita bukan tentang Cinta atau Hantu (We desperately need this kind of movie in Indonesia). Tentang perjuangan dan petualangan (jangan salah, ini jauh dari film komersil sekelas Petualangan Sherina). Di mana seorang anak, dari suku yang masih tergolong primitif tapi punya otak cemerlang, berusaha untuk mengenyam pendidikan yang layak di daerah yang masih kurang diperhitungkan oleh pemerintah Indonesia.

Gue kebetulan nonton film ini bareng temen gue yang emang anak pecinta alam banget dan satu lagi penggemar gambar-gambar yang bagus. Spontan dua orang temen gue itu pengen bisa ke Papua. Kalau gue cuma mikir, di sana gue bisa dapet internet gak yah, ada wifi gak yah.. tapi toh di kantor gue ini gue juga ga bisa internet. (Masih bete juga ma orgil gara-gara dia telkom gue ke blok, tadinya udah bisa berenang-renang pake telkom juga).

Tokoh yang paling gue bikin gue betah nonton adalah Enos, temen Denias yang tampangnya jijay banget, tapi lucu banget =)) tampangnya tolol banget. Denias ketemu dia waktu menginjakkan kaki di deket daerah Freeport, di situ Denias diajarin mencuri, tapi sebenarnya aslinya dia baik. Berhubung gue nonton bareng Gentur, gue tau banget tokoh mana yang bikin Gentur betah, so pasti si Angel, emang tampangnya Angel banget, dan baik banget.

Untuk ukuran film pertama Ari Sihasale, Denias bagus banget. Bahkan oom Rudy Sudjarwo yang udah berkali-kali bikin film dan dapat penghargaan, menurut gue belum pernah bisa buat film sebagus ini. Sayangnya ya itu tadi pemakaian Marcella dan sarat iklan. Tapi benar juga kata temen gue, untuk film yang ga terlalu menuruti selera pasar, mau ambil dana dari mana lagi kalau bukan dari sponsor.

Salut buat oom Ari, ditunggu film berikutnya…
Sejauh ini film-film Indonesia yang gue anggap bermutu adalah film-film garapan Nia Dinata, Garin Nugroho dan Upi.
Gue pengen banget nonton Opera Jawa garapan Garin Nugroho nih, ada yang tau cara dapetin DVDnya ga?

posted on November 04, 2006

3 Responses to Denias

  1. metamorfosis says:

    Wah, iya tuh Denias, tadinya pengen nonton, kayaknya bagus. Tapi pas liat di posternya ada wajah sejenis Marcella, kayaknya bakal biasa aja. Ntar aja tunggu di tv kapan2 juga di setel..hemat hemat..😀 :p

    :)>-

  2. burung says:

    Iyaah memang… namanya juga jualan, tetep aja musti masang tampang sejenis Marcella.

    Dan kalo pilemnya terlalu artsy tar malah gak ada yang nonton kaan.. Para penonton kita memang rupanya lebih bisa nerima yang setengah2 kayak gini :D:D

  3. cta says:

    halo salam kenal..

    semalem gw baru nonton Denias dan sampai detik ini gw bisa tiba2 nangis begitu ngeliat foto2nya Denias dan inget lagi filmnya.. huhuhuhu..

    Indonesia butuh sineas-sineas seperti mereka. Eh, iya tuh.. kayaknya Marcella mencampurkan kemampuan aktingnya dengan ambisi jadi aktris terbaik lagih.. huhuhu
    tapi untung bukan dian sastro jugak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: