Ngelantur

Kalian tahu gosip terhot minggu-minggu ini selain cut memey?” tanya Mbak Ai, senior manager promo di Lativi. Wey, dari postingan blog gw yang sebelumnya juga udah ketahuan gue pasti ga tau. Kan gue masih trauma nonton TV belakangan ini gara-gara iklan-iklan film G***** dan video klip G*****.

Ternyata jawabannya adalah Sponge Bob dan Dora pindah ke Global TV. Beliau cerita betapa sakit hatinya setiap melihat promo Nick di Global, yang diawali dengan kalimat “Tahukah kamu?”. Dan ternyata Global memang sedang habis-habisan promo program-program Nick. Ga heran kalau beliau sakit hati melihat bayi yang dibesarkannya dari bukan siapa-siapa (dulu Dora tidak pernah mendapat rating yang tinggi ketika masih ditayangkan di Anteve), dan tiba-tiba jadi sangat booming ketika Lativi menayangkannya. Jerih payah yang dilakukan ternyata terenggut begitu saja. Mungkin seperti anak sendiri yang dibesarkan dari kecil lalu tiba-tiba diculik.

Sebenernya mau dibawa kemana sih Global TV ini? Gue ngikutin perkembangan Global sejak dia masih siaran percobaan. Dan gue emang sempet mau diterima di Global, tapi waktu itu Global cuma nayangin MTV Indonesia saja, ga ada acara lain. Makanya waktu ada kesempatan masuk RCTI gue lebih memilih masuk RCTI. Terus waktu O channel nongol sempat ada selentingan kabar kalo MTV mau pindah ke O channel tapi ternyata tidak kejadian. Namun Global memang sudah merubah formatnya yang mentargetkan pada generasi muda.

Ketika Wisnu Hadi, direksi RCTI yang lama pindah ke SCTV digantikan oleh Harry Tanu. Beliau melakukan restrukturisasi management di RCTI, beberapa orang yang memegang posisi penting di RCTI pun dipindahkan ke Global, dan dari Global ada yang dipindahkan ke RCTI. Saat itu Global masih menayangkan MTV Indonesia saja, tidak ada program lain, jadi mirip stasiun relay saja. Hal tersebutlah yang menyebabkan orang-orang pada posisi penting tersebut memilih untuk meninggalkan Global karena menganggap tidak ada tantangan yang berarti di Global.

Namun seiring berjalannya waktu, Global telah merubah format acaranya menjadi tidak 100% MTV, tetapi ada program-program lain yang memang ditujukan untuk remaja. Dan seperti halnya stasiun TV lain Global juga mulai membuat materi acara sendiri lengkap dengan acara berita. Dan kantornya pun yang semula berada di kawasan RCTI ditambah dengan menempatkan studionya di gedung indovision.

Dari ketiga stasiun TV yang di bawah MNC group yaitu RCTI, TPI dan Global. Memang RCTI masih yang terdepan dan beliau masih memberi dukungan untuk adik-adiknya tersebut baik dari segi teknik maupun sumber daya… he he he.. salut deh buat anak-anak transmitter dan TOB yang dulu ikutan ribet waktu acara dangdutan TPI. Yup TPI memang memimpin dalam urusan dangdut, TPI menonjol dengan dangdutnya. Mungkin Global belum merasa sukses dalam segmentasinya untuk remaja, makanya banting stir lagi ke target anak-anak… yah mudah-mudahan aja deh kali ini udah yakin sama format barunya… buat Mbak Ai tabah aja deh yaaaa… soalnya bisnis di TV emang gitu kok…

Gue masih inget tuh betapa kecewanya orang-orang sport RCTI gara-gara World Cup 2006 kontraknya diambil SCTV. Berita ini udah diketahui sejak akhir tahun 2003. Padahal dulu, udah bangga banget waktu RCTI jadi satu-satunya TV yang nayangin World Cup 2002. Sampe ada desas-desus katanya keuntungan nayangin World Cup 2002 bisa buat beli TPI :p ga tau deh gue bener enggaknya. Setelah itu RCTI malah nayangin Bundes Liga dan promosiin Bundes abis-abisan agar orang tertarik nonton Liga Jerman. Karena memang bagi penggemar bola Liga Itali jauh lebih menarik dari Liga Jerman. Tapi malah World Cup 2006 yang bakal diadakan di Jerman ga keraih. Banyak tuh karyawan yang kecewa… Apalagi waktu nonton SCTV yang langsung promosiin abis World Cup 2006 sejak tahun 2004. Bisa dilihat di logo dan di Billboard gede yang ada di jalan-jalan protokol.. he he he.. gue sih ga bete.. santai, ga ada dampak yang signifikan kok sama kerjaan gue… Tapi World Cup mah ga usah pake promo juga pasti laku :p

Sialan, gue ngetik ini sambil nonton TV gue pikir udah aman, ternyata masih ada iklan film G***** berulang-ulang. Ah ga ngaruh, tuh film juga ga bagus kok… jadi ngapain gue bete, pasti deh masih kalah jauh dibanding 9 Naga. Gubrak! Apaan sih Ndah…

Trus ada juga konsep sinetron yang dibajak… Nina Pane yang udah mateng ngegodok konsep Roro Mendut yang sebagian diangkat dari buku Mangunwijaya buat sinetron… eh malah diambil alih orang lain.. tapi bener nggaknya gw juga ga tau sih… maklum jarang nonton tipi, apalagi sinetron. Kalo FTV masih OK lah… sekalian mau ngasih selamet deh ke Juli di Bulan Juni yang dari 13 nominasi berhasil ngeraih 9 piala Vidia.

Hiks, mungkin yang bikin gue sedih adalah gue bukan bagian dari TV itu lagi :(( kalo dipikir-pikir gue emang udah cinta banget deh sama dunia TV, nyesel juga sih pake berhenti segala.. tapi emang seperti kata orang bijak.. eh bijak ga sih? Gue dengernya sih dari Romli Ismawan, katanya kita ga kadang tidak menghargai sesuatu sampai sesuatu itu hilang dari kita… dan gue emang kehilangan RCTI, gue kehilangan dunia itu… di mana orangnya ramah tamah, kekeluargaan… tapi gue emang paling suka sih sekitar wilayah Post Production.. makanya kalo mampir juga paling sekitar wilayah itu… jadi mohon maaf ya buat bos Wessy yang beberapa kali gue ga mampir ke ruangan beliau dan ruangan gue yang lama waktu gue mampir ke RCTI tapi Insya Allah kalo bos dateng ke resepsi Andi tanggal 28 Januari nanti kita ketemu deh… Apaan sih Ndah… dari tadi nulis ngalor ngidul ga ada juntrungannya.. lah, namanya juga blog…

Blog, blog gue, ngapain sewot.. he he he…enaknya judulnya apa yah…

Ditulis ulang dari Blog di Friendster pada 24 Januari 2006

3 Responses to Ngelantur

  1. wah dari paragraf awal ampe akhir isinya tentang TiViii semua :p
    .
    ini sih sebenernya mirip berita, tapi kayaknya ada bbrp yg gw blom pernah denger ato baca dari media manapun..ya jadi lumayan bisa nambah wawasan gw😀
    .
    kalo ttg seseorang yg kadang tdk menghargai sesuatu sampai sesuatu itu hilang darinya, wah itu bisa pjg kalo dibahas di sini, bisa2 lbh pjg dari isi blognya :)>-
    .
    gimana kalo judulnya “Insert” – Info Seputar TV😀
    Tapi kayaknya masih kalah populer dari segi komersil dibandingin judul aslinya “Belum Ada Judul” :p
    .
    itu aja deh, lg puyeng keseringan liat ujan :-&
    .

    -^KuPLuK^-

  2. ßµRÚñG says:

    masih aja nyinggung2 pilem “Gergaji” itu, hihihi…

  3. hermawan says:

    yang namanya identitas emang susah kali ya? gue pikir kejadian ama orang aja .. taunya bisa juga ke channel tipi, hmm mungkin salah bukan identitas tapi image kali, image kalau denger TPI mikir dangdut, Metro mikir berita, dan seterus2nya, jadi gue pikir omongannya Endah soal Global mau dibawa kemana image nya .. benar juga.

    tapi yang dicari saat ini mungkin untung dulu kali ya🙂 hari gini ngomong idealisme *blah* yang penting survive oi..

    nggak mau panjang2 karena bener2 gak tahu dunia tipi, malu ama yang punya blog

    oh ya Ndah orang bijak itu yang kamu bilang diatas, soal kehilangan2 itu namanya Tom Keifer
    *grin* vokalis nya Cinderella
    *lol* coba cari aja dia album2 lamanya mereka ..

    iya Tom Keifer kok

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: