Dogma

Bagaimana jika ternyata Yesus keturunan kulit hitam dan Tuhan adalah perempuan? Eits, jangan marah dulu atau menuduh penistaan agama. Hal ini ada dalam film Dogma. Film komedi yang banyak bertaburan bintang ini dijamin akan mengocok perut, syaratnya tidak memiliki fanatisme brutal terhadap suatu agama. Walau konyol, tetapi ada juga nasehat bijak yang terkandung dalam film. Malah mirip dengan pernyataan yang dikutip di film Tanda Tanya garapan Hanung. Intinya tidak ada agama yang paling benar, yang penting manusia memiliki kepercayaan dan meyakininya sepenuh hati.

Film ini diisi oleh bintang-bintang ternama, Alanis Morisette sebagai Tuhan, Alan Rickman sebagai Metatron (pembawa pesan Tuhan), Ben Affleck, Matt Damon, Chris Rock, Salma Hayek, Jason Lee dan masih banyak lagi.

Bartleby (Ben Affleck) dan Loki (Matt Damon) adalah malaikat yang diblokir dari surga. Kemudian keduanya dibuang ke tempat yang lebih buruk dari neraka, yaitu Wisconsin. Loki adalah malaikat maut, selama di bumi, dia meneruskan tugasnya dengan membunuhi para pendosa. Termasuk orang yang berselingkuh dan para petinggi dalam perusahaan yang menciptakan tokoh kartun populer. Dia menganggap pemujaan terhadap tokoh kartun merupakan penistaan terhadap Tuhan, karena hanya Tuhan yang wajib dipuja. Ehm, jadi inget ormas di Indonesia :p

Tiba-tiba terbersit ide cara untuk kembali ke surga, yaitu dengan menyambangi gereja gaya baru. Konon dengan memasuki gereja tersebut pada perayaan tertentu, maka seluruh dosa akan diampuni. Hal inilah yang akan dicegah, karena dengan mereka menyusup kembali ke surga akan membuktikan bahwa Tuhan bisa membuat kesalahan. Sehingga dapat menghapus eksistensi dunia.

Misi mencegah dua malaikat kembali ke surga ini harus diemban oleh Bethany (Linda Fiorentino). Seorang wanita yang bekerja di klinik aborsi, rajin ke gereja, namun tak meyakini agamanya. Dia mengalami krisis kepercayaan sejak suaminya meninggalkannya karena penyakit yang merusak uterus tidak memungkinkannya memiliki anak. Dalam menjalankan misi tersebut, Bethany didampingi oleh dua orang nabi yaitu Jay (Jason Mewes) dan Silent Bob (Kevin Smith). Sosok Jay adalah remaja urakan yang gemar berkata-kata kasar, sedangkan Silent Bob hampir tak pernah bicara.

Ketika mobil Bethany dirusak oleh Jay yang tidak becus nyetir maka sempat terjadi perselisihan. Jay pun memaki “Tak mungkin ada orang jatuh begitu saja dari langit”. Maka tiba-tiba jatuhlah Rufus (Chris Rock) yang mengaku sebagai Rasul ke 13. Namanya tidak pernah dicantumkan di AlKitab karena dia berkulit hitam. Sebagai imbalan dalam membantu Bethany, dia ingin memastikan namanya disebut dalam AlKitab dan diungkapkan bahwa Yesus juga berkulit hitam.

Di perjalanan mereka sempat mengunjungi tempat hiburan penari telanjang. Di tempat itulah mereka bertemu dengan salah satu stripper yang ternyata adalah Serendipity (Salma Hayek). Walau dalam nuansa cerita yang konyol, ketika Bethany bertanya pada Serendipity. Jadi sebenarnya agama apa yang paling benar menurut Tuhan? Jawabannya tak ada yang paling benar, yang terpenting adalah manusia memiliki kepercayaan dan meyakini sepenuhnya.

Ternyata petualangan Bethany mencegah para malaikat menuju gereja juga  dihalangi oleh Azrael (Jason Lee). Azrael adalah setan yang ingin membasmi keturunan Yesus. Bethany sendiri terpilih menjalankan misi tersebut karena disinyalir merupakan keturunan Yesus. Cerita makin aneh? Bagi orang yang tidak punya fanatisme agama tertentu, film ini terasa konyol dan lucu. Tapi toh film ini tak pernah menimbulkan pro-kontra atau bahkan dicekal di jamannya. Jadi sepertinya aman kok nonton film ini.

One Response to Dogma

  1. boleh nih film ny akek nya lucu ~

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 905 other followers

%d bloggers like this: